Sekolah Kurang Peduli Akreditasi

Sekolah Kurang Peduli Akreditasi
Sekolah Kurang Peduli Akreditasi
PADANG--Kepedulian sekolah baik negeri maupun swasta dalam hal akreditasi masih rendah. Berdasar data Dinas Pendidikan Padang, tingkat SD hanya 181 dari 402 sekolah terakreditasi. Sementara SMP 37 dari 86 sekolah yang sudah akreditasi.  Untuk SMA, 28 dari 50 sekolah terakreditasi dan SMK, 48 dari 64 kompetensi keahlian terakreditasi.

Melihat dari data itu, Pengamat pendidikan yang juga Direktur Pascasarjana UNP, Mukhaiyar menyayangkan hal itu terjadi.  "Seharusnya sekolah di Padang memberikan contoh karena Padang menjadi jendela bagi Sumbar. Selain itu, kualitas pendidikan juga ditentukan oleh akreditasi," kata Mukhaiyar, Senin (4/2).

Mukhaiyar menjelaskan akreditasi sekolah ini merujuk pada Permendiknas nomor 29/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Bagi sekolah yang tidak memiliki akreditasi, tidak diperbolehkan menjadi pelaksana UN dan rugi siswa dan orangtua itu.

"Dengan akreditasi ini menentukan sekolah tersebut memiliki keseriusan dalam meningkatkan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Akreditasi ini juga berfungsi sebagai informasi tentang kelayakan sekolah, bentuk pertanggung jawaban sekolah kepada masyarakat, dan menjadi pembinaan bagi sekolah," ujarnya.

PADANG--Kepedulian sekolah baik negeri maupun swasta dalam hal akreditasi masih rendah. Berdasar data Dinas Pendidikan Padang, tingkat SD hanya 181

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News