Sekolah Sehari Penuh Akan Diterapkan secara Nasional, Ini Penjelasan Menteri

Sekolah Sehari Penuh Akan Diterapkan secara Nasional, Ini Penjelasan Menteri
Siswa SD. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Ganti menteri, muncul kebijakan baru lagi.  Penunjukan menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) baru akan diiringi perubahan besar dalam sistem pendidikan. 

Itu pula yang terjadi dengan Muhadjir Effendy. Belum sepekan dilantik menggantikan Anies Baswedan sebagai Mendikbud, dia berancang-ancang menasionalkan sistem full day school. 

Muhadjir mengklaim sudah mendapat restu dari presiden dan wakil presiden untuk menerapkan sistem sekolah sehari penuh tersebut mulai jenjang sekolah dasar (SD) sampai sekolah menengah atas (SMA). Hal itu didapatkan setelah dia melakukan pertemuan dengan Wapres Jusuf Kalla kemarin (8/8).

’’Beliau (Wapres, Red) menyarankan ada semacam pilot project dulu,’’ kata Muhadjir di kantor Wapres.

’’Presiden juga sudah mengapresiasi bahkan memberikan contoh-contoh,’’ lanjut mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Dia menjelaskan, prinsipnya, sistem full day school bakal mengutamakan pendidikan karakter daripada akademis. 

Dengan sistem tersebut, guru akan punya lebih banyak kesempatan untuk menanamkan karakter kepada siswa. Dengan demikian, pendidikan tidak akan melulu berbicara mengenai hal-hal akademis.

Bagi orang tua, terutama di perkotaan, Muhadjir menilai sistem tersebut akan memberikan manfaat lebih. Yakni, mendekatkan orang tua dengan anak. 

JAKARTA – Ganti menteri, muncul kebijakan baru lagi.  Penunjukan menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) baru akan diiringi perubahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News