Sektor Perkebunan Masih Mendominasi

Sektor Perkebunan Masih Mendominasi
Sektor Perkebunan Masih Mendominasi
JAMBI – Sektor pertanian saat ini masih mendominasi perekonomian Jambi. Ini terlihat dari kontribusinya dalam struktur PDRB Jambi yang mencapai 29,4 persen. Dimana, salah satunya bersumber dari sub sektor perkebunan, yakni dari kelapa sawit.

Ini disampaikan Gubernur Jambi HBA saat menyampaikan sambutannya dalam seminar nasional peranan sawit dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat Jambi yang berlangsung di aula lantai tiga rektorat Unja Mendalo, Rabu (26/12).

Hadir dalam seminar tersebut, Menteri Koperasi dan UKM Dr. Syarif Hasan dan anggota BPK RI Rizal Djalil. Menurut HBA, peranan sawit dalam mensejahterakan rakyat Jambi cukup besar dalam mendorong perekonomian. Namun, meski perkembangan sektor ini cukup menggembirakan, secara statistik nilai tukar petani sawit masih perlu perhatian. Selain memberikan perhatian industri hulunya, menurut HBA, harus didukung oleh perkembanga industri hilir.

Untuk diketahui nilai tukar petani masih berada pada angka dibawah 100, khususnya nilai tukar petani sub sektor perkebunan. Penyebab rendahnya nilai tukar tersebut diantaranya karena masalah SDM, pengelolaan pasca panen, dan sarana prasarana pertanian yang belum mendukung. Ini harus benar-benar diperhatikan oleh pemerintah.

JAMBI – Sektor pertanian saat ini masih mendominasi perekonomian Jambi. Ini terlihat dari kontribusinya dalam struktur PDRB Jambi yang mencapai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News