Selain 3 KRI, TNI Juga Kerahkan Pesawat Intai Maritim ke Natuna

Selain 3 KRI, TNI Juga Kerahkan Pesawat Intai Maritim ke Natuna
ILUSTRASI. Pesawat Intai. Foto: Dok. TNI AU

jpnn.com, JAKARTA - TNI mengerahkan sejumlah alat utama sistem persenjataan (Alutsista) dalam posisi siaga tempur dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI di perairan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Pengerahan alutsista tersebut meliputi tiga KRI (Kapal Perang Republik Indonesia), satu pesawat intai maritim, dan satu pesawat Boeing TNI AU.

“Pengendalian operasi siaga tempur terkait adanya pelanggaraan di wilayah perairan laut Natuna Utara,” kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono di Lanud Halim PK, Jakarta, Jumat (3/1/2020) sebelum menuju Natuna.

Menurut Yudo, operasi siaga tempur ini dilaksanakan oleh Koarmada I dan Koopsau I dengan Alutsista yang sudah tergelar. Lebih lanjut, Yudo menambahkan dua KRI masih dalam perjalanan dari Jakarta menuju Natuna.

"Operasi ini digelar untuk melaksanakan pengendalian wilayah laut khususnya di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) laut Natuna Utara," kata Yudo seperti dilansir dalam siaran pers Puspen TNI.

Lebih lanjut, Yudo menambahkan sekarang ini wilayah Natuna Utara menjadi perhatian bersama sehingga operasi siaga tempur diarahkan ke Natuna Utara mulai tahun 2020.

“Operasi ini merupakan salah satu dari 18 operasi yang akan dilaksanakan Kogabwilhan I di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya,” katanya.(fri/jpnn)

Pangkogabwilhan I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono mengatakan pengendalian operasi siaga tempur terkait adanya pelanggaraan di wilayah perairan laut Natuna Utara.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News