Selain Cek Kendaraan, Periksa Kesehatan Sebelum Mudik

Selain Cek Kendaraan, Periksa Kesehatan Sebelum Mudik
Selain Cek Kendaraan, Periksa Kesehatan Sebelum Mudik

jpnn.com - JAKARTA - Polri terus mengingatkan agar masyarakat terus menjaga keselamatan saat berkendara pada saat mudik lebaran 2014. Apalagi untuk pengguna kendaraan roda dua saat mudik. Polri mencatat kecelakaan lalu lintas yang terbanyak melibatkan sepeda motor.

"70 persen melibatkan sepeda motor. Sisanya bus dan roda empat (lainnya)," kata Kepala Biro Penmas Mabes Polri Brigjen Boy Rafli Amar, Kamis (17/7) di Mabes Polri.

Boy mengatakan sudah ada imbauan Polri dan pemerintah supaya masyarakat itu mudik tak pakai sepeda motor. Masyarakat diharapkan menggunakan pelayanan kereta api, maupun kapal laut. Namun Boy mengaku, yang menjadi masalah adalah keterbatasan tempat. 

Karenanya, lanjut dia, kalau pun masyarakat tetap menggunakan sepeda motor, harus melakukan berbagai persiapan. "Masyarakat diharapkan taat lalu lintas," tegasnya. 

Ia menambahkan, harus mempersiapkan kondisi kesehatan. Kalau lagi sakit dan lelah, jangan dipaksakan untuk berkendara. Selain itu, kendaraan pun harus dipastikan dalam keadaan siap. "Ini diharapkan mengurangi resiko kecelakaan," katanya.

Menurut Boy, faktor yang menjadi penyebab kecelakaan itu adalah  manusia, kendaraan, cuaca, dan jalanan. Polri berharap faktor ini diperhatikan. "Polisi berharap masyarakat tiba di tujuan dengan selamat, dan bisa terhindar dari kecelakaan," katanya.

Yang penting, Boy mengatakan, masyarakat harus ada itikad baik memperhatikan keselamatannya dan  tidak ceroboh. (boy/jpnn)

JAKARTA - Polri terus mengingatkan agar masyarakat terus menjaga keselamatan saat berkendara pada saat mudik lebaran 2014. Apalagi untuk pengguna


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News