Selain Kursus, 4 Cara agar si Kecil Fasih Berbahasa Inggris

Selain Kursus, 4 Cara agar si Kecil Fasih Berbahasa Inggris
Ilustrasi anak-anak mengikuti kursus bahasa Inggris di EF English First. Foto: EF English First

jpnn.com - Sekarang ini, kemampuan bahasa Inggris bukan lagi sebuah pilihan, tapi seakan menjadi kewajiban. Sayangnya, mempelajari sebuah  bahasa bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Karena kemampuan seseorang untuk belajar umumnya berkurang seiring pertambahan usia, banyak Bunda di luar sana yang mengajarkan si Kecil bahasa Inggris sedini mungkin. Agar optimal, selain kursus, ada juga beberapa cara lain supaya si Kecil fasih berbahasa Inggris.

Menurut penelitian-penelitian beberapa tahun belakangan, perkembangan si Kecil akan mencapai puncak kemampuan belajarnya pada usia 18–20 tahun. Setelah usia tersebut, kemampuan mengingat atau belajar akan mengalami penurunan sedikit demi sedikit. Meski demikian, ini pun bergantung pada aktivitas otak seseorang. Semakin sering otak dilatih untuk mempelajari hal-hal yang baru, maka akan semakin tinggi pula kemampuan seseorang dalam hal mengingat dan logika.

Kapan anak mulai bisa belajar bahasa Inggris dengan baik?

Pada tahapan perkembangannya, biasanya si Kecil yang berusia 6–8 tahun sudah bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa ibunya dengan cukup fasih. Nah, inilah usia yang tepat bagi Bunda untuk memperkenalkan si Kecil dengan bahasa kedua, yang seringnya adalah bahasa Inggris.

Si Kecil bisa bahasa Inggris (atau bahasa lain selain bahasa Indonesia) bukan hanya sebatas untuk berkomunikasi dengan lebih banyak orang, tapi juga untuk melatih otak si Kecil agar dapat menerima informasi yang lebih banyak nantinya. Selain itu, kemampuan otak si Kecil pada usia 6–8 tahun juga sedang dalam fase yang cukup baik untuk menerima informasi yang cukup kompleks ini.

Era digital seperti sekarang membuat akses informasi semakin banyak, mudah, dan bisa diperolah dengan cepat! Apabila digunakan dengan baik, maka kemajuan ini bisa menjadi sebuah keuntungan bagi Bunda dalam mengedukasi si Kecil. Ada banyak sekali konten di internet yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran yang baik.

Salah satu sumber yang paling menarik untuk si Kecil adalah film atau serial animasi untuk si Kecil atau YouTube dengan konten edukatif tak berbatas, mulai dari reality show, kartun, lagu anak-anak, hingga vlog. Lewat media itu semua, si Kecil bisa secara tak langsung belajar banyak kosakata baru. Bunda juga bisa mendaftarkan si Kecil ke kelas bahasa Inggris, baik kursus maupun mendatangkan guru ke rumah.

Agar optimal, selain kursus, ada juga beberapa cara lain supaya si Kecil fasih berbahasa Inggris.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News