Selain Perang, Cetak Sawah Tugas Pokok TNI

Selain Perang, Cetak Sawah Tugas Pokok TNI
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menggelar konferensi pers terkait kerja sama cetak sawah dengan TNI. FOTO: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat TNI Jenderal Mulyono memastikan pihaknya mendukung program Cetak Sawah yang digalakkan Kementerian Pertanian.

Menurut Mulyono, selain perang, program Cetak Sawah merupakan tugas pokok TNI.

"Pelaksanaan kegiatan Cetak Sawah menggunakan pola swakelola," kata Mulyono di Kementan, Jakarta Selatan, Senin (6/11).

Dia menambahkan, program Cetak Sawah bertujuan meningkatkan dan memanfaatkan kemampuan teknis sumber daya manusia (SDM) sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

"TNI AD melaksanakan pendampingan dengan Kementan. Ada tugas operasi militer selain perang ada 14 tugas. Salah satunya membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan kesejahteraan msyarakat," kata dia.

Mulyono menambahkan, pihaknya mengerahkan prajurit yang komandonya berdasarkan kewilayahan masing-masing.

Pelaksanaan perluasan swakelola dengan TNI AD, kata Mulyono, dilakukan dalam rangka memanfaatkan kemampuan teknis personel dan peralatan di bidang kontruksi dari kesatuan Direktorat Zeni AD.

"Yang dikerjakan juga sudah memenuhi persyaratan. Merupakan lahan hutan yang telantar yang kami garap menjadi sawah dan butuh waktu tiga tahun untuk menggarap dari lahan hutan menjadi lahan sawah,” tandas Mulyono. (tan/jpnn)


Kepala Staf Angkatan Darat TNI Jenderal Mulyono memastikan pihaknya mendukung program Cetak Sawah yang digalakkan Kementerian Pertanian.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News