Selama 2018 KLHK Hasilkan Penelitian Untuk Jaga Lingkungan

Selama 2018 KLHK Hasilkan Penelitian Untuk Jaga Lingkungan
Pembahasan Laporan Hasil Penelitian dan Pengembangan oleh Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi KLHK. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Sepanjang tahun 2018, Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi (BLI) KLHK, berhasil menelurkan sejumlah hasil penelitian dan pengembangan.

Di antaranya dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL), melalui enam judul kegiatan penelitian, dan empat kegiatan pengembangan.

“Hal-hal yang dicapai merupakan kerja keras dari para peneliti, tim fungsional Pengendali Dampak Lingkungan, dan arahan dari Pembina Rencana Penelitian dan Pengembangan Integratif (RPPI), serta semua pihak dari instansi pemerintah, swasta yang terlibat dalam kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik,” ujar Kepala BLI Agus Justianto, pada acara Pembahasan Laporan Hasil Penelitian dan Pengembangan, di Serpong (20/12).

Berdasarkan Kegiatan RPPI Tahun 2018, P3KLL salah satunya telah mengembangkan rumus perhitungan Indeks Kualitas Air (IKA).

Formula ini akan digunakan oleh Direktorat Pengendalian Pencemaran Air (PPA) Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Linglungan (PPKL) KLHK, untuk perhitungan IKA Nasional pada tahun 2020-2024.

Selain itu, P3KLL juga melakukan kegiatan pengembangan penanggulangan kebisingan di lingkungan sekolah, dengan memasang teknologi penghalang bunyi di SMAN 2 Cibinong.

Alat ini berfungsi menghalangi masuknya suara ke ruang kelas, sehingga anak-anak lebih konsentrasi dalam belajar.

Di Depok, P3KLL melaksanakan kegiatan pengembangan Biosanita sebagai teknologi alternatif dalam pengelolaan limbah domestik di perumahan. Teknologi ini telah diusulkan dalam Rancangan Peraturan Daerah Kota Depok.

KLHK melalui P3KLL salah satunya telah mengembangkan rumus perhitungan Indeks Kualitas Air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News