KLHK dan PMI Menjalin Kerja Sama, Begini Komentar Menteri Siti dan Pak JK

KLHK dan PMI Menjalin Kerja Sama, Begini Komentar Menteri Siti dan Pak JK
Menteri LHK Siti Nurbaya dan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla seusai menandatangi Nota Kesepahaman (MoU) di Jakarta, Jumat (8/12/2023). Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Palang Merah Indonesia (PMI) menjalin kerja sama dalam rangka sinergitas program dan kegiatan Bidang LHK dengan Layanan Kepalangmerahan Indonesia.

Kerja sama ini tertuang dalam Nota Kesepahaman (MoU) yang ditandatangani Menteri LHK Siti Nurbaya dan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla di Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Pada kesempatan tersebut, Menteri Siti menyampaikan Indonesia terus berupaya menurunkan emisi karbon sebagaimana dinyatakan Presiden Joko Widodo saat menyampaikan Pernyataan Nasional (National Statement) pada World Climate Action Summit (WCAS) 2030 yang menjadi rangkaian agenda COP 28 UNFCCC di Dubai.

Upaya tersebut antara lain melalui perbaikan pengelolaan Forest & Other Land Use (FOLU) serta mempercepat transisi energi menuju Energi Baru Terbarukan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Menteri Siti juga menyampaikan KLHK tengah berusaha untuk sebesar-besarnya melakukan penanaman pohon.

"Kami sudah membangun persemaian modern skala besar di Bogor. Di Bali untuk mangrove, di Danau Toba dan di Labuan Bajo NTT dengan produksi 5-6 juta bibit/tahun serta di Mentawir 15 juta bibit. Jadi, saat ini yang sudah konkret ada di lapangan kira-kira 75 juta bibit," ujar Menteri Siti Nurbaya.

Mengawali musim hujan ini, Menteri Siti menyampaikan bersama Presiden Jokowi melakukan penanaman pohon di kawasan industri Pulo Gadung pada 30 November lalu dan mengajak semua elemen di wilayah Jabodetabek untuk secara terus-menerus melakukan penanaman.

"Demikian pula terus berlangsung ke NTT dan masih akan terus kami juga lakukan di Lampung, Aceh, dan lain-lainnya," ujar Menteri Siti.

KLHK dan Palang Merah Indonesia (PMI) menjalin kerja sama dalam rangka sinergisitas program dan kegiatan Bidang LHK dengan Layanan Kepalangmerahan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News