Selama Pandemi, Danramil Bantu Peternak Kembangkan Pakan Alternatif, Salut

Selama Pandemi, Danramil Bantu Peternak Kembangkan Pakan Alternatif, Salut
Danramil 1204 Kodim 0612 Tasikmalaya Mayor Deni Zenal. Foto: Dok Dispenad

jpnn.com, JAKARTA - Komandan Rayon Militer (Danramil) 1204 Kodim 0612 Tasikmalaya Mayor Deni Zenal membantu para peternak yang ada di wilayahnya dengan mengembangkan pakan alternatif.

Hal ini Deni Zenal lakukan selama pandemi Covid-19 dan juga untuk meringankan beban karena pakan alternatif dari azolla microphylla jauh lebih murah.

"Azolla ini sejenis tumbuhan paku air yg tumbuh asli habitatnya di sawah-sawah, danau yang tergenang, atau airnya tidak mengalir," kata Deni sebagaimana dalam tayangan YouTube TNI AD, Selasa (1/12).

Deni lantas menuturkan, mulanya azolla dimanfaatkan sebagai pupuk kompos. Lalu, ada penelitian menyebutkan kegunaannya sebagai tumbuhan air menetralisasi perairan yang sudah tercemar.

Pada saat pandemi seperti sekarang ini, Deni melihat banyak peternak yang kesulitan membeli pakan karena harganya makin mahal.

“Kami berpikir apa solusi atau alternatif lain agar ternak tercukupi kebutuhan pakannya tetapi cost pakan bisa diminimalkan," ujarnya.

Akhirnya, dia mendapatkan ide untuk belajar melalui media sosial dan tabloid yang ternyata ada beberapa pakan alteratif pakan ternak unggas, salah satunya tanaman azolla.

Menurut dia, unggas, seperti ayam maupun bebek, sebenarnya sama seperti manusia yang membutuhkan protein hewani dan nabati.

Danramil 1204 Kodim 0612 Tasikmalaya Mayor Deni Zenal membantu para peternak yang ada di wilayahnya dengan mengembangkan pakan alternatif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News