Selamat Berpuasa, Tolong Beribadah Ramadan di Rumah Saja

Selamat Berpuasa, Tolong Beribadah Ramadan di Rumah Saja
Menteri Agama Fachrul Razi. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menetapkan awal Ramadan 1441 H jatuh pada Jumat, 24 April 2020. Mantan tentara dengan pangkat terakhir jenderal itu mengingatkan umat Islam menjalani ibadah Ramadan tahun ini di rumah saja.

"Selamat berpuasa bagi seluruh umat Islam. Ingat, lakukan ibadah selama Ramadan di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19," kata Fachrul usai sidang isbat, Kamis (23/4).

Sidang isbat penentuan 1 Ramadan 1441 H itu digelar dengan peserta terbatas seiring pandemi virus corona yang belum mereda. Tampak hadir dalam sidang isbat itu antara lain Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abdullah Zaidi, Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto, Wakil Menag Zainut Tauhid Sa'adi, Plt Sekjen Kemenag Nizar, Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin.

Sementara perwakilan organisasi Islam mengikuti sidang isbat itu melalui konferensi vide. “Peserta sidang isbat secara mufakat bersepakat bahwa 1 Ramadan jatuh pada esok hari, Jumat, 24 April 2020,” tutur Menteri Fachrul.

Mantan Wakil Panglima TNI itu menuturkan, kesepakatan tentang awal 1 Ramadan didasari hasil rukyatulhilal dan memperhatikan perhitungan hisab atau hitungan astronomis. "Keduanya saling memperkuat," jelas Menag.

Secara hisab, saat matahari tenggelam posisi hilal di seluruh wilayah Indonesia pada 23 April 2020 sudah di atas ufuk, berkisar antara 2 derajat 41 menit hingga 3 derajat 44 menit. Selanjutnya hasil hisab itu dikonfirmasi melalui rukyatulhilal di 82 titik yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Menurut Menteri Fachrul, ada enam petugas rukyat yang menyampaikan kesaksiannya di bawah sumpah bahwa mereka melihat hilal. Petugas rukyat tersebut melihat hilal pada lokasi pemantauan di Gresik, Pasuruan, dan Bojonegoro.

“Dengan dua hal tadi (hisab dan rukyat, red), mengetahui posisi hilal dan mendengar kesaksian petugas kami, maka seluruh peserta sidang isbat secara mufakat bersepakat 1 Ramadan 1441 H jatuh pada esok hari Jumat, 24 April 2020,” tegas Menag. (esy/jpnn)

Menag Fachrul Razi meminta umat Islam menjalankan ibadah Ramadan di rumah saja karena pandemi virus corona belum mereda.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News