Selamat! Jatim dan Banyuwangi Raih Predikat A

Selamat! Jatim dan Banyuwangi Raih Predikat A
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Provinsi Jatim dan Kabupaten Banyuwangi 2016 mendapatkan predikat terbaik dengan nilai A.

Ini berdasarkan penetapan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB).

Menteri PAN-RB Asman Abnur menyerahkan hasil evaluasi SAKIP tersebut kepada Gubernur Jatim Soekarwo dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di kantor Pemprov Jatim di Surabaya kemarin (31/1).

''Pemprov Jatim jadi role model yang harus ditiru provinsi lain. Banyuwangi adalah satu-satunya kabupaten yang dapat A,'' kata Asman.

SAKIP adalah sistem terintegrasi dari perencanaan, penganggaran, hingga pelaporan. Ada empat fokus pelaporan dan evaluasi.
Yakni, laporan anggaran, kinerja output program pembangunan, kinerja outcome program, dan kinerja sasaran.

Paradigma pemerintahan bukan lagi pada berapa anggaran yang disiapkan dan dihabiskan, tapi berapa besar kinerja yang dihasilkan.

Menurut Asman, tidak mudah untuk mendapatkan katagori A. Banyak hal yang mesti dipenuhi untuk meningkatkan kinerja pemerintahan.

Efektivitas kegiatan diukur dengan orientasi keberhasilan kinerja, bukan semata-mata soal anggaran.

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Provinsi Jatim dan Kabupaten Banyuwangi 2016 mendapatkan predikat terbaik dengan nilai A.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News