Selamat Ulang Tahun, Valentino Rossi

Selamat Ulang Tahun, Valentino Rossi
Valentino Rossi. Foto: motogp

jpnn.com, BURIRAM - Legenda hidup MotoGP Valentino Rossi merayakan ulang tahun ke-39 pada Jumat (16/2) ini. The Doctor - julukan Rossi, lahir pada 16 Februari 1979 di Urbino, Italia.

Meski tergolong veteran, Rossi belum memiliki niat untuk pensiun. Bahkan timnya saat ini, Movistar Yamaha, justru berharap dia segera meneken perpanjangan kontrak. Maklum saja, rekannya, Maverick Vinales, dipastikan bertahan hingga musim 2020.

Rossi sendiri belum mengiyakan perpanjangan kontrak meski dia masih terikat dengan Yamaha pada musim balap 2018 ini. Rossi sendiri pernah menyatakan optimistis untuk terus memperkuat Yamaha. Rencana peraih sembilan kali juara dunia itu adalah menunggu sampai akhir tes pramusim, serta beberapa balapan pertama musim ini. Kemudian dia akan secara resmi menandatangani kontrak.

"Situasi Rossi akan terklarifikasi dan saya benar-benar berharap dia bisa bersama kami lagi di grid tahun depan,” sebut bos Yamaha, Lin Jarvis. "Belum jelas apakah Rossi memutuskan untuk menambah kontrak satu tahun atau mungkin dua tahun," imbuhnya.

Rossi sendiri masih memiliki ambisi menjadi juara dunia setelah selalu gagal sejak 2010. Terakhir kali Rossi menjadi juara dunia MotoGP pada 2009. Musim lalu, dia hanya berada di posisi kelima klasemen akhir pembalap.

Meski sudah mendekati usia pensiun, Rossi masih menunjukkan semangat luar biasa. Sampai-sampai, pesaing beratnya, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, memberikan pujian khusus. Dia menyebut Rossi adalah pembalap mengesankan.

"Sangat mengesankan melihat apa yang dilakukan Rossi hingga saat ini. Dia sudah 39 tahun, namun masih menjaga motivasi tetap tinggi dan mampu menjaga level performa terbaik di setiap seri balapan. Tidak ada yang bisa melakukan seperti itu kecuali Rossi," beber Marquez.

Perjalanan karier Rossi di dunia balap profesional dimulai saat turun di kelas 125cc pada 1996. Setahun kemudian, dia menjadi juara dunia kelas 125cc bersama Aprilia. Pada 1998, Rossi naik ke kelas 250cc. Setahun kemudian, dia menjadi juara dunia kelas 250cc dan masih bersama Aprilia.

Masa depan Valentino Rossi di Yamaha maupun MotoGP masih menjadi pertanyaan. Pensiun, atau perpanjang kontrak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News