Seleb Cantik China Tersandung Kasus Pajak, Ya Ampun Dendanya

Seleb Cantik China Tersandung Kasus Pajak, Ya Ampun Dendanya
Pesohor internet China Huang Wei alias Viya. Foto: ANTARA/HO-CGTN

jpnn.com, JAKARTA - Kasus penghindaran pajak kembali menjerat kalangan pesohor internet di China.

Kali ini, si cantik Huang Wei dikenai kewajiban membayar tunggakan pajak plus denda senilai 1,34 miliar yuan atau setara Rp 3 triliun.

Otoritas pajak di Provinsi Zhejiang mendapati selebritas perempuan yang juga dikenal dengan nama Viya telah memalsukan pendapatan komisi iklan video streaming selama periode 2019-2020.

Untuk menghindari pajak, Huang menyebut komisi itu sebagai pendapatan yang diperoleh dari bisnis fiktif dengan mitranya di Shanghai, demikian Biro Pelayanan Pajak Provinsi Zhejiang, Senin (20/12).

Huang mengemplang pajak senilai 643 juta yuan (Rp 1,4 trilun) ditambah tunggakan pajak lainnya sebesar 60 juta yuan (Rp 134 miliar) sebagaimana rincian otoritas pajak setempat seperti dikutip media China, CGTN.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Pajak China, Huang dapat dikenai hukuman denda hingga 0,6 sampai 4 kali lipat nilai pajak tertunggak.

Kasus Huang mirip dengan kasus dua seleb internet asal Provinsi Zhejiang lainnya, Zhu Chenhui dan Lin Shanshan yang sebelumnya juga dikenai hukuman denda hingga puluhan juta yuan.

Hangzhou sebagai Ibu Kota Provinsi Zhejiang merupakan markas utama raksasa e-dagang China Alibaba.

Seleb cantik China ini dipaksa membayar denda berjumlah fantastis setelah terbukti bersalah dalam kasus pajak

Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News