Seleksi Binaraga Nasional di Kejuaraan Kemal Trophy IV

Seleksi Binaraga Nasional di Kejuaraan Kemal Trophy IV
Suasana kejuaraan Kemal Trophy IV di Teater Bulungan Jakarta Selatan, Minggu (18/11). Foto: amjad/jpnn

jpnn.com, JAKARTA SELATAN - Pengurus Pusat Persatuan Binaraga dan Fisik Indonesia (PP PERBAFI) menggelar kejuaraan Kemal Trophy IV di Teater Bulungan Jakarta Selatan, Minggu (18/11).

Ajang yang didukung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga ini bertujuan menyeleksi binaragawan nasional baru untuk Indonesia.

Kemal Trophy IV ini diikuti 170 peserta dari seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Total peserta tersebut turun di 10 nomor berbeda, mulai dari pemula hingga nomor prestasi.

Para pemenang di tiap nomor, terlebih di nomor prestasi akan dikirim ke kompetisi internasional. Langkah itu diambil PERBAFI demi menjaga terus jenjang prestasi para binaragawan.

"Kemal Trophy ini adalah kejuaraan seleksi untuk atlet nasional. Mereka yang menang akan kita kirim ke kejuaraan internasional, jadi memang kita berikan kejuaraan berjenjang, bukan hanya di lingkup nasional saja," ujar Kemalsyah Nasution, Ketua PP PERBAFI.

"Mereka (para atlet) harus pergi ke tingkat internasional untuk melatih mental mereka. Memang saya tidak akan langsung kirim ke kejuaraan tingkat dunia atau Asia, tapi di level ASEAN dulu sesuai kapasitas kita," sambungnya.

Kejuaraan ini menurutnya telah diselenggarakan rutin sejak empat tahun terakhir. Pada gelaran kali ini, Kemalsyah pun mengatakan menyelipkan kegiatan sosial untuk membantu korban gempa di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

"Kita mengadakan pembinaan prestasi ini sudah dari 2015, jadi ini sudah empat kali. Kebetulan kemarin kan ada musibah di Palu dan Donggala, jadi dari uang pendaftaran atlet ada yang kita sumbangkan ke Palu," terangnya.

Pengurus Pusat Persatuan Binaraga dan Fisik Indonesia (PP PERBAFI) menggelar kejuaraan Kemal Trophy IV di Teater Bulungan Jakarta Selatan, Minggu (18/11).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News