Selesai! Basarnas Serahkan Badan QZ8501 ke KNKT

Selesai! Basarnas Serahkan Badan QZ8501 ke KNKT
Bangkai AirAsia yang diserahkan Basarnas ke KNKT, di Pelabuhan Tanjung Priuk, Senin (2/3). FOTO: Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Badan SAR Nasional (Basarnas) resmi menyerahkan bangkai badan pesawat AirAsia QZ8501 kepada Komite Nasional Keselamataan T‎ransportasi (KNKT) di Pelabuhan Indonesia II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, hari ini (2/3). Serah terima tersebut dilakukan secara simbolis dengan menandatangani berita acara penyerahan oleh Kepala Basarnas Marskel Madya TNI FH Bambang Soelistyo kepada Ketua KNKT Tatang Kurniadi.

Dalam sambutannya, Soelistyo mengatakan bangkai badan pesawat tersebut merupakan bagian akhir dari pencarian dan evakuasi AirAsia QZ8501. Selama masa pencarian tersebut, Basarnas telah mengerahkan seluruh upaya dan tenaga untuk melakukan pencarian.

"Skenario dari awal adalah mencari korban sebanyak-banyaknya, menemukan blackbox dan terakhir badan pesawat," ujar Soelistyo di KN SAR Pacitan, Pelabuhan Indonesia II, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Badan pesawat tersebut, kata Soelistyo, selain untuk keperluan investigasi KNKT, juga untuk meyakinkan kepada semua pihak, bahwa tidak ada lagi korban yang ditemukan. "Ini juga untuk meyakinkan bahwa pencarian sudah tidak ditemukan lagi, bagian-bagian tubuh maupun jenazah korban," jelasnya.

Sementara, Tatang menyatakan proses pencarian dan evakuasi AirAsia QZ8501 ini merupakan bukti kerja keras dari tim SAR gabungan. "Ini salah satu bukti peristiwa penyelamatan AirAsia selama dua bulan yang tidak kenal menyerah," tandas Tatang. (chi/jpnn)


JAKARTA - Badan SAR Nasional (Basarnas) resmi menyerahkan bangkai badan pesawat AirAsia QZ8501 kepada Komite Nasional Keselamataan T‎ransportasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News