Selesaikan Tapal Batas RI-Malaysia, Mahfud Ganjar Hadi Prabowo Penghargaan

Selesaikan Tapal Batas RI-Malaysia, Mahfud Ganjar Hadi Prabowo Penghargaan
Mantan Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo (kanan) menerima penghargaan dari Ketua Dewan Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) sekaligus Menko Polhukam Mahfud MD (kiri). Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo menerima penghargaan atas jasanya berkontribusi pada penyelesaian Batas Negara Indonesia-Malaysia.

Penghargaan diberikan Ketua Dewan Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Mahfud MD kepada Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) itu bertepatan dengan peringatan Sebelas Tahun Pengelolaan Perbatasan, Jumat (17/9).

“Baru saja dilakukan penyerahan penghargaan kepada personel-personel dari kementerian/lembaga yang telah melaksanakan tugas secara gemilang dalam menyelesaikan dua segmen wilayah sengketa perbatasan darat Indonesia-Malaysia."

"Yakni Sungai simantipal dan segmen C500-C600 di Pulau Kalimantan pada 2019,” ujar Mahfud yang juga menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Pemerintah Indonesia dan Malaysia tercatat pernah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang demarkasi dan survei batas internasional antara Malaysia (Sabah dan Serawak) dengan Indonesia (Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat).

Penandatanganan dilakukan di Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis (21/11/2019) lalu, bertepatan dengan Joint Malaysia-Indonesia Boundary Between Malaysia (Sabah & Serawak) and Indonesia (Kalimantan Utara & Kalimantan Barat)(JMI-43).

MoU ketika itu ditandatangani Ketua Setia Usaha Kementerian Air, Tanah, dan Sumber Asli Malaysia Datuk Zurinah Pawanteh dan Hadi Parabowo yang ketika itu menjabat sebagai Sekjen Kemendagri.

Selain MoU, peta hasil survei demarkasi yang merupakan lampiran dari MoU juga telah ditandatangani oleh Direktur Jenderal Departemen Survey and Mapping Malaysia Dato' Sr Dr. Azhari bin Mohamed dan Direktur Wilayah Pertahanan Kementerian Pertahanan RI Laksamana Pertama Bambang Supriadi.

Mahfud MD mengganjar Hadi Prabowo penghargaan atas jasanya menyelesaikan tapal batas Indonesia dengan Malaysia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News