Seluma Rusuh

Massa Pro Murman Serang Gedung DPRD

Seluma Rusuh
BENTROK: Ratusan massa pendukung Bupati Seluma nonaktif Murman Effendi yang baru diberhentikan oleh Mendagri Gamawan Fauzi, melakukan aksi demo ke DPRD Seluma. Massa menuntut Murman Effendi diaktifkan kembali sebagai Bupati. Aksi demo diwarnai bentrok dengan aparat. PERI HARYADI/RB/JPNN
SELUMA - Eskalasi poltik di Kabupaten Seluma, Bengkulu yang memanas sejak kepulangan Murman Effendi akhirnya memantik api. Ratusan massa pendukung bupati yang dinonaktifkan Kamis (3/1), terlibat bentrok dengan aparat keamanan. Kerusuhan pecah sekitar pukul 13.07 WIB saat kerumunan massa yang berada  di luar gedung DPRD, kesal menunggu pertemuan di dalam gedung.

   

Prakk!!!! Prakkk!!! Di tengah terik matahari yang cukup menyengat, massa mulai melempari gedung dewan dengan batu. Dalam hitungan detik, hujan batu tak terelakkan. Kaca gedung dewan di lantai satu dan lantai dua pecah berantakan. Pada saat lemparan batu terjadi, di dalam gedung DPRD masih ada Ketua DPRD Seluma Drs Zaryana Rait bersama Ketua Fraksi dan unsur pimpinan dewan, Wakapolda Bengkulu Kombes Pol Drs Misran Musa, Di Sabara Polda, Dir Intel Polda, Dir Pamovit.

   

Sejumlah polisi yang saat itu sedang berjaga-jaga sempat kelabakan sebelum akhirnya mengambil tindakan tegas dengan membubarkan massa. Ditengah hujan batu yang melempari kantor DPRD Seluma dan polisi, sejumlah gas air mata ditembakkan oleh polisi seraya personil lainnya menghalau.

Satu unit Water Canon yang telah disiagakan sebelumnya, turut diterjunkan menghalau massa pendukung Murman ini. Setelah konsentrasi massa berhasil dipecah menjadi dua dan sebagian kabur dan dihalau dan sejumlah warga berhasil diamankan, barulah pelemparan batu mereda sekitar pukul 14.00 WIB.

 

SELUMA - Eskalasi poltik di Kabupaten Seluma, Bengkulu yang memanas sejak kepulangan Murman Effendi akhirnya memantik api. Ratusan massa pendukung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News