Jumat, 23 Agustus 2019 – 18:00 WIB

Semangat Kurban Sejalan dengan Spirit Kemerdekaan

Selasa, 13 Agustus 2019 – 17:59 WIB
Semangat Kurban Sejalan dengan Spirit Kemerdekaan - JPNN.COM

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, spirit kurban di Iduladha sejalan dengan spirit para pejuang yang rela berkorban demi meraih kemerdekaan Indonesia.

Hal itu terlihat dari pengorbanan Nabi Ibrahim AS, yang keimanannya diuji oleh Allah SWT untuk menyembelih anaknya. Peristiwa dalam Alquran tersebut, merupakan kisah yang sangat lama, namun hikmah dari peristiwa tersebut tidak akan hilang maknanya dalam kehidupan umat Islam.

Kisah tersebut memberikan pelajaran bagi bahwa unit masyarakat, bangsa, dan negara yang terkecil, yaitu keluarga, harus memiliki jiwa pengorbanan yang tinggi bagi kepentingan agama, bangsa dan negara.

“Minggu depan kemerdekaan Indonesia, kemerdekaan kita direbut darah dan air mata, pengorbanan luar bisa, Hubbul Wathon Minal Iman,” kata Emil -sapaan Ridwan Kamil, Senin (12/8).

BACA JUGA: Satu Tahun Memimpin Jabar, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum Harmonis

Berdekatannya hari raya Iduladha dengan hari kemerdekaan Indonesia, kata Emil, diharapkan dapat menumbuhkan rasa syukur atas kasih sayang yang diberikan Allah SWT kepada bangsa Indonesia.

Selain itu, momen tersebut juga diharapkan dapat menumbuhkan nikmat umur, dan nikmat iman Islam, sekaligus menumbuhkan rasa nasionalisme, mencintai Indonesia.

“Marilah kita ekspresikan kesalehan individu masing-masing diri kita, yang sekian lama kita pupuk dan bangun untuk menguatkan sisi spiritualitas manusia. Marilah kita manifestasikan, implementasikan, refleksikan dan apresiasikan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan,” katanya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar