Semangka Penambah Semangat

Semangka Penambah Semangat
ilustrasi

jpnn.com - BAGI anak gaul masa kini, semangka biasa diartikan sebagai singkatan dari "semangat kakak!". Tapi ternyata, semangka sebagai buah pun terbukti bisa meningkatkan semangat dan stamina seseorang.

Sebuah penelitian di Technical University of Cartagena, Spanyol menunjukkan bahwa makan semangka sebelum berolahraga bisa meningkatkan performa seseorang. Selain itu, makan buah semangka juga bisa meredakan nyeri otot setelah letih berolahraga.

Diyakini, salah satu senyawa alami yang terkandung dalam semangka bisa mempercepat pembuangan asam laktat. Proses ini membuat otot bisa bertahan lebih lama untuk melakukan aktivitas, dan sesudahnya pun tidak akan terlalu lama merasakan nyeri.

"Jus semangka, secara alami kaya akan L-citrulline, sebuah pilihan sempurna untuk atlet yang ingin meningkatkan performanya dalam berolahraga," kata para ilmuwan dalam laporannya di Journal of Agricultural and Food Chemistry, seperti dilansir laman Telegraph, Senin (16/9).

Senyawa yang dimaksud para ilmuwan merupakan komponen penting dalam pembentukan nitat oksida, yakni gas yang berperan melebarkan pembuluh darah. Saat otot beraktivitas, pembuluh darah yang lebar akan memperlancar peredaran darah dan suplai gula maupun oksigen.

Manfaat lain dari L-citrulline yang terkandung dalam semangka menurut penelitian ini bisa menurunkan tekanan darah, yang juga berarti menurunkan risiko stroke dan serangan jantung. Bagi yang punya faktor risiko, serangan jantung memang sering terjadi saat berolahraga.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan juga membandingkan manfaat jus semangka segar, jus semangka yang diperkaya asam amino dan plasebo alias jus kosong. Ketiganya diberikan 1 jam sebelum olahraga. Hasilnya, jus semangka segar maupun yang diperkaya asam amino sama-sama meningkatkan performa saat olahraga.(fny/jpnn)


BAGI anak gaul masa kini, semangka biasa diartikan sebagai singkatan dari "semangat kakak!". Tapi ternyata, semangka sebagai buah pun terbukti


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News