Sembilan Kanwil Pajak Rawan Mafia

Panja Pajak Segera Lakukan Pemanggilan

Sembilan Kanwil Pajak Rawan Mafia
Sembilan Kanwil Pajak Rawan Mafia
JAKARTA - Reformasi birokrasi dan evaluasi besar-besaran terhadap kinerja pegawai Pajak, didesak untuk segera dilakukan dalam waktu secepatnya. Desakan datang dari Panja Pajak DPR RI. Pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dirjen Pajak, Rabu (7/4), disepakati bahwa Panja Pajak akan segera memanggil 9 kepala Kanwil Pajak yang bertugas di Provinsi yang dinilai rawan mafia pajak. Bahkan keterangan dari 9 kepala Kanwil pajak ini dinilai penting guna pengungkapan kasus dengan tersangka Gayus Tambunan.

Adapun sembilan Kanwil Pajak yang diduga kalangan dewan banyak menyimpan mafia pajak adalah Kanwil Pajak Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng), Jawa Barat (Jabar), Banten, DKI Jakarta, Sumatera Utara (Sumut), Riau, Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Timur (Kaltim).

‘’Kita minta kesembilan Kanwil ini untuk datang ke Panja Pajak, karena rawan sekali dengan penggelapan pajak. Karena di lokasi-lokasi Kanwil ini kita nilai patut segera dilakukan evaluasi. Bahkan kalau perlu, agar evaluasi benar-benar maksimal, non aktifkan sementara kepala Kanwil Pajak di wilayah ini untuk sementara waktu,’’ kata anggota Panja Pajak Maiyasyak Johan pada wartawan usai RDP.

Dari sembilan Kanwil Pajak tersebut kata Maiyasyak, terdapat tiga masalah inti yang ingin diketahui oleh Panja Pajak. Pertama bagaimana perkembangan data penunggak pajak atau badan hukum, kaitannya dengan nilai ekspor dan perkembangan kasus pajak yang cukup tinggi di daerah tersebut.

JAKARTA - Reformasi birokrasi dan evaluasi besar-besaran terhadap kinerja pegawai Pajak, didesak untuk segera dilakukan dalam waktu secepatnya. Desakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News