Semoga Hati Nurani Bu Risma Tergerak Berjuang Memperpanjang Bantuan Sosial Tunai

Semoga Hati Nurani Bu Risma Tergerak Berjuang Memperpanjang Bantuan Sosial Tunai
Wakil Ketua MPR RI Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, MA. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, MA kembali mendesak Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Bu Risma mengajukan perpanjangan program bantuan sosial tunai (BST) yang akan berakhir pada April 2021.

Sebab, dia mengatakan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam pernyataan terbarunya mengisyaratkan BST 2021 masih bisa diperpanjang. Menurutnya, ini juga melengkapi pernyataan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang sebelumnya juga telah mengisyaratkan hal serupa.

Hidayat menyatakan Risma sudah dapat sinyal positif dari Kemenko PMK dan Kemenkeu, serta mendapatkan dukungan DPR RI dan rakyat untuk mengajukan proposal perpanjangan program BST.

“Sehingga seharusnya tidak relevan lagi alasan tidak ada anggaran untuk tidak mengajukan perpanjangan bantuan sosial tunai tahun 2021 ini," kata Hidayat dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (26/4).

Anggota Komisi VIII DPR RI membidangi urusan sosial ini menjelaskan dampak negatif bila BST dan sejenisnya tidak dilanjutkan.

Laporan Unicef dan Badan Kebijakan Fiskal yang dikeluarkan Maret 2021 memperlihatkan lebih dari 70 persen rumah tangga nasional akan bertambah miskin apabila paket bantuan darurat termasuk BST tidak dilanjutkan selama 2021.

Sebagian besar masyarakat akan mengalami kehilangan kesejahteraan bersih apabila bantuan dicabut, terutama mereka yang berpenghasilan rendah dan berada di wilayah perdesaan.

Pencabutan bantuan sosial juga akan meningkatkan kesenjangan, karena pertumbuhan ekonomi tahun 2021 akan lebih banyak menguntungkan kalangan berpenghasilan tinggi melalui berbagai stimulus pemulihan sektor jasa dan manufaktur.

HNW meminta Mensos Tri Rismaharini alias Bu Risma tergerak hati nuraninya untuk memperjuangkan perpanjangan bantuan sosial tunai (BST) yang akan berakhir April 2021. Menurut HNW, kesempatan memperpanjang BST terbuka lebar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News