Semoga Luna Maya Cs Sadar, Manggala Agni dan Satgas yang Kerja Keras bukan WWF

Semoga Luna Maya Cs Sadar, Manggala Agni dan Satgas yang Kerja Keras bukan WWF
Posting-an Wulan Guritno yang serupa dengan Luna Maya mempromosi kinerja LSM asing WWF terkait karhutla. Foto : Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Warganet bereaksi atas posting-an sejumlah selebritas Luna Maya dan beberapa rekan artisnya terkait karhutla di Jambi.

Kecaman datang karena warganet menilai para artis ini hanya asal posting tanpa mencari tahu upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam menangani karhutla.

Unggahan foto dan narasi yang digunakan sama persis, serta menyebutkan bahwa upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Jambi dilakukan oleh anggota LSM asing WWF (World Wide Fund for Nature).

Padahal yang terjadi selama ini, pemadaman dilakukan oleh Satgas Gabungan dari Manggala Agni, TNI, Polri, BNPB, BPBD, relawan serta masyarakat di setiap wilayah.

Para artis ini dianggap tidak membaca berita, dan hanya asal endorse, tanpa menghargai kerja pemerintah Indonesia dan perjuangan tim pemadam, terutama dari Manggala Agni yang baru saja kehilangan anggota mereka yang meninggal dunia saat berjuang memadamkan api di Jambi.

''Saya kaget WWF disebut berjuang memadamkan api...kami sampai kehilangan saudara/rekan/pahlawan kami, gugur dalam tugas mungkin juga sudah sampai ke telinga anda...kami terpukul, kami berduka, tapi itulah bentuk pengabdian kami untuk negara dan bangsa kami. jgn sampai pengorbanan rekan kami menjadi sia2...jadi jgn asal mengaku2..semoga WWF tau diri dan sadar diri,'' tulis @feriyanto63 di akun Luna Maya.

BACA JUGA : Luna Maya Posting Karhutla di Jambi, KLHK: Memang Dia Pernah Padamkan Api?

''Hey @LunaMaya, ini ya info kau baca ya. Infonya lokasi kebakaran berada di konsesi PT LAJ dan areal restorasi ekosistem PT ABT (konsorsium WWF), sebenarnya itu jadi tanggungjawab pemilik konsesi dlm pengendalian karhut di area konsesinya...kurang baik apa pemerintah dalam membantu memadamkan api melalui Manggala Agni. Kalau mau giring isu jangan asal-asalan kayak masa lalumu deh'' tulis akun reyzakeroro.

Manggala Agni berduka karena seorang anggota meninggal saat bertugas memadamkan api di Jambi tetapi sejumlah artis seperti Luna Maya dan Wulan Guritno justru promosikan kerja WWF yang mengklaim padamkan api karhutla.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News