Semoga Peternakan Babi Bikin Warga Makin Sejahtera

Semoga Peternakan Babi Bikin Warga Makin Sejahtera
Babi di peternakan. Ilustrasi/foto: AP

jpnn.com, BULELENG - Sebuah peternakan babi di wilayah Dusun Kawanan, Desa Bila di Kecamatan Kubutambahan di Buleleng, Bali belum lama ini mulai beroperasi. Peternakan babi milik PT Anugrah Bersama Sukses (ABS) itu menempati dua lahan dengan luas masing-masing satu hektare.

Proses pembangunannya pun memakan waktu dua tahun. Dimulai pada 31 Agustus 2015, peternakan babi itu baru kelar dan diresmikan pada Oktober 2017.

Rencananya, peternakan itu akan bergerak pada bidang pembibitan dan penggemukan babi. Lahan seluas dua hektar ini bisa menampung 500 ekor induk babi dan 1.500 ekor untuk penggemukan babi.

Sesuai kesepakatan antara PT ABS dan warga, sebanyak 60 persen pekerja akan diambil dari penduduk setempat. Direktur Utama PT ABS Made Widiada mengharapkan keberadaan peternakan babi itu bisa memberi manfaat bagi warga.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak terkait, terutama kepada warga setempat karena sudah mendukung pembangunan peternakan babi ini. Kami berharap bisa terus bekerja sama dengan warga setempat untuk membantu menyukseskan program pemerintah, utamanya menyerap tenaga kerja lokal,” ujarnya seperti diberitakan Bali Express.

Sedangkan Perbekel Desa Bila Ketut Citarja Yudiarta mengaku sangat bersyukur dengan adanya usaha peternakan babi itu. Menurutnya, berbagai efek positif bisa dirasakan oleh Desa Bila, terutama untuk masyarakat Dusun Kawanan Desa Bila.

Citarja berharap agar PT ABS bisa memenuhi semua kesepakatan yang telah dibuat bersama warga. “Kami berharap peternakan ini bisa memberikan dampak positif  bagi Desa Bila untuk kesejahteraan kita bersama. Sehingga kita bisa saling mendukung satu sama lain,” ujar Citarja.

Sementara Wakil Bupati Buleleng dr. Nyoman Sutjidra mengatakan, keberadaan peternakan bisa memberikan multiplier effect bagi Desa Bila. Menurutnya, keberadaan peternakan babi itu bisa menyerap tenaga kerja, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebuah peternakan babi milik swasta di Kabupaten Buleleng, Bali yang baru saja selesai dibangun menggandeng warga untuk menjalankan usaha.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News