Semoga Utusan Jokowi Mampu Selesaikan Kasus Rohingya

Semoga Utusan Jokowi Mampu Selesaikan Kasus Rohingya
Anggota Komisi I DPR RI Sukamta. FOTO: Dok. FPKS DPR

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi diutus Presiden Joko Widodo untuk menemui Penasihat Negara Myanmar Aung San Suu Kyii. Anggota Komisi I DPR RI Sukamta mengatakan utusan Presiden Jokowi tersebut diharapkan dapat mampu menghasilkan penyelesaian atas krisis yang terjadi terhadap warga Rohingya.

“Dari pertemuan ini kita berharap ada titik terang penyelesaian kasus Rohingya dan Myanmar secara umum. Kita harus berpikir, apa yang bisa Indonesia bantu untuk pemulihan kondisi dan kemajuan Myanmar?” kata Anggota Komisi I DPR Sukamta, Senin (4/9).

Untuk jangka pendek, kata Sekretaris Fraksi PKS DPR ini, pemerintah Myanmar diharapkan menyetop segala bentuk kekerasan terhadap warga Rohingya serta pemulihan keamanan. Tidak boleh lagi ada kekerasan dan pembunuhan, karena setiap manusia memiliki hak asasi untuk hidup dan beragama. Jika pembantaian terus terjadi, ini bisa membangkitkan kemarahan masyarakat dunia dan khususnya masyarakat Muslim.

Sedangkan untuk jangka panjangnya, maka harus dibicarakan tentang pemulihan kewarganegaraan, integrasi warga Rohingya dalam negara Myanmar yang lebih demokratis ke depannya. Supaya jangan ada lagi diskriminasi terhadap etnis tertentu termasuk Rohingya.

“Indonesia punya segudang pengalaman terkait mempertahankan NKRI dari upaya disintegrasi bangsa. Begitu juga pengalaman dalam mengelola kebinekaan dan demokratisasi yang diakui cukup baik. Myanmar bisa mengambil pelajaran dari Indonesia soal ini,” tambah ketua Badan Pelayanan dan Pembinaan Luar Negeri DPP PKS ini.(fat/jpnn)



Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News