Sempat Bikin Jokowi Penasaran, Petani Ini Resmi Jadi Rektor

Sempat Bikin Jokowi Penasaran, Petani Ini Resmi Jadi Rektor
Petani sekaligus dosen UIN Suska Riau, Prof DR Akhmad Mujahidin (pakai peci) sedang berdialog dengan Presiden Jokowi, di acara pembukaan ASAFF 2018, di Istana Negara, Kamis (28/6). Foto: Biro Pers Istana

jpnn.com, RIAU - Masih ingat dengan Akhmad Mujahidin, Petani Riau yang sempat membikin Presiden Joko Widodo penasaran karena gelar profesor doktor yang dia sandang?

Hari ini, Sabtu (2/7), anak transmigran asal Malang, Jawa Timur itu dilantik sebagai Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, masa jabatan tahun 2018 - 2022.

Pelantikannya oleh Menteri Agama Lukmam Hakim Saifuddin berlangsung di Kantor Kemenag, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (2/7).

Selain mellantik Prof. Dr. Akhmad Mujahidin,S.Ag, M.Ag, Menag Lukman juga megambil sumpah jabatan Prof. Dr. H. Warul Wahidin, AK., MA dilantik sebagai Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, periode yang sama.

Kepada keduanya, Lukman mengingatkan dua misi yang harus diemban Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Pertama, membuktikan signifikasi peran dan kontribusi PTKI dalam menjawab kebutuhan kekinian.

Kedua, pengembangan moderasi beragama. “Patut menjadi perhatian kita bersama, pengembangan PTKI di Tanah Air pada dekade ini harus bisa mengemban misi di tataran praktis dan empiris,” ucap Lukman.

Sebelumnya Prof Mujahidin sempat membuat heran Presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi. Itu terjadi ketika dia berdialog dengan petani saat membuka Asian Agriculture & Food Forum (ASAFF) Tahun 2018, di Istana Negara, Jakarta pada Kamis (28/6).

Setelah memberikan arahan, seperti biasa Kepala Negara memanggil sejumlah petani sesuai komoditas ditanami. Nah, Prof DR Akhmad Mujahidin M.Ag merupakan yang pertama tampil ke depan. Usahanya berkebun buah lengkeng.

Akhmad Mujahidin, petani asal Riau yang sempat bikin Presiden Jokowi penasaran karena gelar profesor yang disandang resmi jadi orang nomor satu di UIN Suska.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News