SYL Terharu Melihat Jokowi Resmikan PLTB Sidrap

SYL Terharu Melihat Jokowi Resmikan PLTB Sidrap
Presiden Jokowi meresmikan terbesar di Indonesia, di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Provinsi Sulawesi Selatan pada Senin (2/7). Foto: Setpres

jpnn.com, SIDRAP - Mantan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo merasa bangga dengan diresmikannya Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap hari ini, Senin (2/7). Kini Sulaewsi selatan jadi provinsi pertama di Indonesia yang memanfaatkan angin untuk produksi listrik.

Syahrul mengaku punya kedekatan emosional dengan proyek energi terbarukan ini. Karena itu, dia tidak dapat menahan rasa harunya melihat langsung Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian PLTB tersebut.

"PLTB Sidrap seperti anak kandung bagi saya. Saya bolak-balik Makassar-Sidrap selama bertahun-tahun demi memastikan proyek ini lancar. Ini kerja kita semua. Kerja demi rakyat dan semoga bernilai ibadah," ujar Syahrul di sela-sela acara peresmian.

Selain meresmikan PLTB Sidrap, Presiden Jokowi juga secara simbolis meletakkan batu pertama untuk sejumlah proyek kelistrikan lain di Sulsel.

Proyek itu adalah PLTU Barru-2 dengan kapasitas 100 MW, Pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) Luwuk 40 MW, PLTB Tolo-Jeneponto 72 MW.

SYL mengatakan, PLTB Sidrap menggunakan 30 turbin angin berkapasitas total 75 MW. Setiap turbin menghasilkan 2,5 MW. "Saya bangga sekali akhirnya proyek ini diresmikan oleh presiden," kata Ketua DPP Partai Nasdem ini.

PLTB Sidrap menunjukkan pembangunan Sulsel selaras dengan potensi alam. Di lokasi PLTB, kecepatan angin dapat mencapai 7 meter per detik. Kecepatan itu bisa menggerakkan baling-baling 57 meter yang terpasang di setiap turbin.

SYL menyebut, PLTB Sidrap dan sejumlah proyek kelistrikan lain semakin menambah ketahanan energi di Sulsel. Dengan demikian, Sulsel semakin siap untuk berbagai aktivitas, khususnya kegiatan produktif yang membutuhkan listrik.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo merasa bangga dengan diresmikannya Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap hari ini, Senin (2/7)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News