Sempat Kritis Setelah Ditembak, Eks PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia

Sempat Kritis Setelah Ditembak, Eks PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia
Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com, JEPANG - Mantan Perdana Menteri Shinzo Abe (67) meninggal dunia pada Jumat (8/7). Abe mengembuskan napas terakhir setelah ditembak saat berkampanye untuk pemilihan parlemen.

Dilansir dari lembaga penyiaran publik NHK, seorang pria menembaki pemimpin terlama di Jepang itu dari belakang dengan senjata buatan sendiri.

Penembakan terjadi saat Shinzo Abe berpidato dalam kampanye pemilihan parlemen di wilayah bagian barat dari kota Nara.

Insiden penembakan terhadap Abe merupakan pembunuhan pertama terhadap seorang pejabat atau mantan perdana menteri Jepang sejak zaman militerisme sebelum perang di tahun 1930-an.

Berbicara sebelum pengumuman meninggalnya Shinzo Abe, Perdana Menteri Fumio Kishida sangat mengutuk penembakan itu.

Sementara rakyat Jepang dan para pemimpin dunia terkejut atas insiden penembakan yang menewaskan Shinzo Abe di negara yang jarang terjadi kekerasan politik serta ketatnya kontrol senjata.

"Serangan ini adalah tindakan brutal yang terjadi selama pemilihan - dasar dari demokrasi kita - dan benar-benar tidak dapat dimaafkan," kata Kishida, berjuang untuk menahan emosinya. (reuters/antara/jpnn)

 

Penembakan terjadi saat eks PM Jepang Shinzo Abe berpidato dalam kampanye pemilihan parlemen di wilayah bagian barat dari kota Nara.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News