Sempat Lesu, Industri Otomotif Mulai Bangkit, Ini Buktinya

Sempat Lesu, Industri Otomotif Mulai Bangkit, Ini Buktinya
Direktur Utama PT Bank Danamon Tbk, Yasushi Itagaki optimistis penjualan kendaraan bakal menunjukan tren positif, sebagai tanda kebangkitan industri otomotif. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama PT Bank Danamon Tbk, Yasushi Itagaki optimistis penjualan kendaraan bakal menunjukan tren positif, sebagai tanda kebangkitan industri otomotif nasional.

Yasushi membeberkan setelah penjualan kendaraan roda empat 2020 sempat lesu dan hanya menembus angka 532.027 unit, pada 2021 justru sebaliknya, industri otomotif mengalami peningkatan yang signifikan hingga di angka 887.202 unit atau naik 66,7 persen.

"Ditambah sektor otomotif juga berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja nasional yang mencapai lima juta orang, baik langsung maupun tidak langsung," ujar Yasushi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (5/4).

Menurutnya, Indonesia merupakan pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara. Hal tersebut dibuktikan dengan volume produksi kendaraan roda empat yang mencapai 1,2 juta unit (2021) dari kapasitas terpasang 21 manufaktur yang ada di Indonesia sebesar dua juta unit.

Berdasarkan berbagai faktor tersebut, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, bersama dengan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) dan didukung oleh MUFG Bank, Ltd (MUFG) ingin dikenal dan diakui sebagai bank dan multifinance partner terpercaya untuk industri otomotif.

“Sebagai sebuah grup, Danamon, Adira Finance dan MUFG, memiliki kesamaan aspirasi dan keyakinan yang mendalam bahwa Indonesia memiliki peluang besar untuk tumbuh secara ekonomi, sosial, dan jangka panjang," ungkap Yasushi.

Direktur Utama PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, Dewa Made Susila menyatakan kolaborasi ketiga perseroan ditujukan untuk memberikan solusi keuangan yang komprehensif di seluruh ekosistem industri otomotif.

Dia pun optimistis kerja sama itu dapat berkontribusi tidak hanya bagi kemajuan industri otomotif tapi juga pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Direktur Utama PT Bank Danamon Tbk, Yasushi Itagaki optimistis penjualan kendaraan bakal menunjukan tren positif, sebagai tanda kebangkitan industri otomotif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News