Sempurnakan Gelar Raja Asia Tenggara!

Sempurnakan Gelar Raja Asia Tenggara!
BUKTIKAN - Melawan Thailand di laga terakhir Grup A Piala AFF 2010, bagi Oktovianus Maniani dan kawan-kawan, tetap sama pentingnya dengan dua laga terdahulu - bahkan punya makna tersendiri jika bisa dimenangkan. Foto: Charlie Lopulua/Indopos.
JAKARTA - Dulu sekali, meski belum benar-benar ke tingkat dunia, Indonesia sudah dikenal sebagai raja sepakbola di kawasan Asia Tenggara. Pesaing terberat timnas Merah Putih biasanya hanya Thailand dan Malaysia, itu pun sesekali saja mereka bisa merebut posisi sebagai penguasa. Baik itu melalui kompetisi sepakbola di even multicabang macam SEA Games, maupun lewat turnamen resmi sekawasan.

Belakangan, prestasi itu ternyata harus memudar, bahkan bisa dibilang sempat jeblok sama sekali. Sementara sebaliknya, di Asia Tenggara muncul nama kuat baru macam Vietnam. Nama terakhir ini, buktinya adalah pemegang gelar saat ini alias juara bertahan turnamen sepakbola se-Asia Tenggara, Piala AFF (dulu disebut Piala Tiger, Red). Nah, kini di Piala AFF edisi 2010, sudah terbuka kesempatan besar bagi Indonesia mengembalikan kejayaan itu.

Memang, Firman Utina dan kawan-kawan belum lagi berada di final - bahkan menjalani semifinal pun belum. Kendati begitu, dengan dipastikannya posisi sebagai juara Grup A dan lolos ke semifinal, plus yang terpenting, grafik hasil laga dan permainan tim yang impresif, banyak orang punya harapan besar untuk itu (pencapaian gelar juara). Peluang ini juga menguat, lantaran salah satu dari dua tim kuat (selama ini), Malaysia atau Thailand, dipastikan bakal tumbang di penyisihan grup A.

Dua pertandingan sejauh ini, kedua-duanya dimenangkan dengan skor besar oleh Indonesia, yaitu 5-1 atas Malaysia, serta 6-0 atas Laos. Sementara dari grup lainnya, juara bertahan Vietnam sendiri tidak berhasil mempertahankan keperkasaannya. Setidaknya, itu terbukti ketika di matchday ke-2 mereka justru harus takluk 0-2 dari Filipina yang lantas menguasai klasemen sementara dengan sama-sama memegang poin 4.

JAKARTA - Dulu sekali, meski belum benar-benar ke tingkat dunia, Indonesia sudah dikenal sebagai raja sepakbola di kawasan Asia Tenggara. Pesaing

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News