Semua Harus Umumkan CPNS Sebelum 1 Januari

Semua Harus Umumkan CPNS Sebelum 1 Januari
Deputi SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - PENGUMUMAN hasil tes kompetensi dasar (TKD) CPNS 2013 untuk pelamar umum yang menggunakan sistim lembar jawab komputer (LJK) sudah dilaksanakan pada 24 Desember.

Sejumlah persoalan teknis muncul, terutama di daerah. Para peserta pun banyak yang berteriak, protes, menilai pengumuman kelulusan CPNS tahun ini tidak transparan. Sebagian yang lain bilang, ini membingungkan.

Bagaimana tanggapan Panselnas? Berikut wawancara wartawan JPNN.com Mesya Muhammad dengan Deputi SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (KemenPAN-RB) yang juga Sekretaris Panselnas, Setiawan Wangsaatmaja, di kantornya, Jumat (27/12).

Banyak sekali persoalan pengumuman CPNS di daerah. Misalnya, ada yang mengumumkan lewat radio. Di Kabupaten OKU, Sumsel, lima peserta sudah dinyatakan lulus CPNS tapi dibatalkan dan diganti nama lain. Tanggapan Anda?

Tes CPNS merupakan hajat semua termasuk pemda. Itu sebabnya pemda juga harusnya ikut menyukseskan hajatan tersebut. Kalaupun terjadi kecurangan pada saat pemberkasaan BKN akan memegang file data panselnas. Intinya apapun yang diumumkan pemda, panselnas tidak akan ganggu. Hanya saja, pemda juga harus berhati-hati, karena prosesnya tidak sampai di pengumuman saja. Masih ada proses lainnya yang harus ditempuh seperti pemberkasan NIP. Di sini seluruh data akan disaring oleh BKN. Yang datanya tidak sesuai data Panselnas, sudah pasti tidak akan diterbitkan NIP-nya.

Panselnas sebenarnya ingin membantu pemda mendapatkan SDM aparatur yang berkualitas dan punya kompetensi. Ini agar CPNS bukan hanya untuk anak pejabat saja, tapi anak tukang pun bisa masuk kalau dia pintar. Nah ini butuh kesepahaman dengan pemda agar niat pusat didukung daerah juga.

Masih banyak pemda yang belum mau mengumumkan kelulusan. Bagaimana tindakan panselnas?

Secara umum, mayoritas instansi sudah mengumumkan. Kecuali Papua dan Papua Barat yang masih dalam tahap validasi. Lampung yang tadinya juga masih diproses, alhamdulillah sudah selesai dan akan kita umumkan lewat website KemenPAN-RB dan www.jpnn.com. Bagi daerah yang belum mau mengumumkan, kita masih kasih kesempatan lagi. Meski nanti kita akan layangkan surat teguran juga, karena dengan tidak mengumumkan hasil TKD yang dirugikan peserta juga. Untuk saat ini panselnas tengah melakukan upaya persuasif dengan daerah agar memikirkan nasib para pelamar juga.

PENGUMUMAN hasil tes kompetensi dasar (TKD) CPNS 2013 untuk pelamar umum yang menggunakan sistim lembar jawab komputer (LJK) sudah dilaksanakan pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News