Senator Minta Dana Kompensasi BBM untuk Bayari Korban Lapindo

Senator Minta Dana Kompensasi BBM untuk Bayari Korban Lapindo
Senator Minta Dana Kompensasi BBM untuk Bayari Korban Lapindo

jpnn.com - PORONG - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Ahmad Nawardi kemarin (12/12) meninjau tanggul lumpur Lapindo di Porong. Dia mengusulkan agar pemerintah menggunakan dana kompensasi bahan bakar minyak (BBM) untuk membayar korban lumpur.

“Dana tersebut bisa diambilkan dari kompensasi BBM tahun 2014 ini selama bulan November dan Desember,” katanya.

Dana kompensasi BBM tersebut nilainya mencapai triliunan rupiah. Namun, sangat sedikit digunakan untuk membayar korban lumpur supaya masalahnya cepat terselesaikan.

“Mungkin akhir tahun bisa segera dilakukan pembayaran. Kalau dana kompensasi tersebut digunakan untuk membangun infrastruktur, maka akan memerlukan proses yang lebih lama,” katanya.

Kalau dana kompensasi tersebut dibayarkan untuk korban lumpur, menurut dia, paling lama sepekan masalah pembayaran tersebut selesai.

“Kami melihat opsi yang dikeluarkan oleh pemerintahan sebelumnya, yakni mengambil alih pembayaran senilai Rp 781 miliar itu sangat mungkin dilakukan,” katanya.

Pemerintahan Jokowi sebelumnya berjanji menuntaskan persoalan ganti rugi korban lumpur yang terkatung-katung selama 8,5 tahun.

“Kami akan melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait dengan pembayaran ganti rugi. Minggu depan kami akan bertemu dengan Presiden Jokowi berangkat ke Kalimantan Timur. Nah, saat itu saya akan berkomunikasi dengan Pak Jokowi untuk meminta penyelesaian masalah ini,” katanya.

PORONG - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Ahmad Nawardi kemarin (12/12) meninjau tanggul lumpur Lapindo di Porong. Dia mengusulkan agar pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News