Sengketa Pilpres Tuntas, Jokowi Langsung Berangkat ke Jepang

Sengketa Pilpres Tuntas, Jokowi Langsung Berangkat ke Jepang
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers sebelum berangkat ke Osaka, Jepang, Kamis malam (27/6). Foto: Setpres RI

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi dan Ibu Negara Iriana langsung berangkat ke Osaka, Jepang, setelah memberikan pernyataan politik atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait penyelesaian sengketa Pilpres 2019.

Jokowi ke Negeri Sakura untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar pada tanggal 28-29 Juni 2019.

Jokowi berangkat melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, pada Kamis malam (27/6) pada pukul 22.10 WIB dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

KTT G20 merupakan kesempatan bagi para pemimpin ekonomi terbesar dunia untuk membahas situasi dan dinamika global yang terjadi saat ini. Dalam forum itu, Jokow akan berbicara tentang dua hal.

BACA JUGA: Kapal China Bermuatan 100 Ton Cumi-cumi Kandas, TNI AL Lakukan Penyelamatan

“Pertama berkaitan dengan inovasi di bidang digital econom dan juga yang kedua berkaitan dengan upaya mengatasi kesenjangan,” kata katanya sebelum berangkat.

Selain itu, pihaknya juga akan mengingatkan para kepala negara/kepala pemerintahan G20 terkait situasi dunia yang saat ini banyak dipenuhi ketidakpastian dan dibayangi isu perang dagang.

“Saya berharap agar negara-negara G20, pemimpin-pemimpinnya bisa menunjukkan kearifan dan kepemimpinan kolektif sehingga situasi yang ada menjadi lebih baik bagi kita semua,” ucap jelas mantan gubernur DKI itu.

Kunjungan kerja kali ini juga akan dimanfaatkan Kepala Negara untuk melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara. Namun hingga saat ini, jadwalnya masih terus dimatangkan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang telah terlebih dahulu berada di Osaka.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana langsung berangkat ke Osaka, Jepang, setelah memberikan pernyataan politik atas putusan MK terkait penyelesaian sengketa Pilpres 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News