Sentimen Positif Pasar Global

Sentimen Positif Pasar Global
Sentimen Positif Pasar Global

jpnn.com - JAKARTA - Indeks harga saham gabungan (IHSG) berpotensi menguat pada perdagangan awal pekan. Penguatan IHSG terbuka seiring datangnya sentimen positif dari bursa saham Amerika Serikat (AS). Akhir pekan lalu IHSG ditutup turun 13,218 poin (0,261 persen) ke level 5.053,76.

Head of Technical Research PT Trust Securities Reza Priyambada memperkirakan, hari ini IHSG berada pada rentang support 5.035-5.044 dan resistance 5.067-5.087.

"Masih banyaknya sentimen negatif membuat IHSG sulit rebound. Namun potensi pelemahan bisa tertahan jika pelaku pasar memanfaatkan untuk buy on weakness," ungkapnya kemarin.

Aksi beli sangat mungkin terjadi pada awal pekan memanfaatkan momen positif dari hijaunya bursa saham AS pada akhir pekan lalu. Penguatan Wall Street cukup signifikan. Indeks S&P 500 naik 22,02 poin (1,15 persen) ke 1.931,59, indeks Dow Jones menanjak 185,66 poin (1,13 persen) ke 16.553,93, dan Nasdaq melejit 35,93 poin (0,83 persen) ke 4.370,9.

Reza mengatakan, kenaikan bursa AS seiring redanya ketegangan di Ukraina dan Rusia serta rilis kenaikan non-farm productivity yang dibarengi rilis kinerja emiten yang melampaui estimasi. "Sentimen dari potensi agresi militer AS ke Irak sementara dapat tertutupi," kata dia.

Di pasar uang, rupiah diperkirakan masih tertekan terhadap dolar AS (USD). Melemahnya mata uang euro dan emerging market terhadap USD menjadi salah satu penyebab depresiasi rupiah.

Di luar itu, sentimen lain yang perlu diwaspadai adalah gerakan terorisme. Gencarnya pemberitaan gerakan ISIS yang meluas di wilayah di Timur Tengah berpotensi memicu kenaikan harga minyak.

"Pelaku pasar mengkhawatirkan melonjaknya harga minyak dan USD," ucap Reza.

JAKARTA - Indeks harga saham gabungan (IHSG) berpotensi menguat pada perdagangan awal pekan. Penguatan IHSG terbuka seiring datangnya sentimen positif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News