Sepak Bola Putri Tokyo 2020: Akhirnya Amerika Serikat Bawa Pulang Medali

Sepak Bola Putri Tokyo 2020: Akhirnya Amerika Serikat Bawa Pulang Medali
Dua pemain senior tim sepak bola putri Amerika Serikat, Carli Lloyd (10) dan Megan Rapinoe (15) merayakan gol saat laga perebutan medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020. Foto: (REUTERS/Edgar Su)

jpnn.com, TOKYO - Amerika Serikat berhasil memenangi duel perebutan medali perunggu cabang olahraga sepak bola putri Olimpiade Tokyo 2020 usai mengatasi perlawanan Australia.

Bermain di Ibaraki Kashima Stadium, Kamis (5/8) WIB, AS menang dengan skor 4-3 atas Negeri Kangguru itu.

Gol kemenangan Amerika Serikat berasal dari dua pemain senior mereka, Megan Rapinoe di menit 8' dan 21' serta Carli Lloyd (45+1' dan 51').

Sementara tiga gol hiburan Australia pada laga ini dicetak oleh Samantha Kerr di menit 17', Caitlin Foord (54') dan Emily Gielnik di masa perpanjangan waktu babak kedua.

Pada pertandingan ini tim putri Amerika Serikat tampil menekan sejak menit awal. Bermaterikan pemain-pemain yang menjadi juara di Piala Dunia Wanita 2019, AS berhasil menguasai 51 persen penguasaan bola berbanding 49 persen milik Australia.

Amerika unggul lebih dahulu pada menit ke-8 melalui striker gaek berusia 36 tahun, Megan Rapinoe, melalui skema tendangan sepak pojok yang langsung mengarah ke gawang kiper Australia, Teagan Micah.

Australia yang tersentak dengan gol cepat Amerika kemudian keluar menyerang untuk mencari gol penyeimbang. Lewat serangan balik yang dirancang, Australia berhasil mecetak gol penyeimbang melalui Samantha Kerr pada menit ke-17.

Usai skor imbang 1-1 kedua tim saling menyerang satu sama lain. Australia di laga ini hampir saja unggul andai tendangan Kerr tidak ditepis kiper Amerika, Adrianna Franch.

Megan Rapinoe dan kolega bisa sedikit terhibur dengan raihan medali di Olimpiade Tokyo 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News