Gagal di Olimpiade Tokyo, Megan Rapinoe Kepikiran Pensiun

Gagal di Olimpiade Tokyo, Megan Rapinoe Kepikiran Pensiun
Pemain senior tim sepak bola wanita Amerika Serikat, Megan Rapinoe. Foto: (AP Photo/Francisco Seco)

jpnn.com, TOKYO - Tim sepak bola wanita Amerika Serikat secara mengejutkan gagal menuju Final Olimpiade Tokyo usai dikalahkan Kanada pada babak empat besar.

Bertanding di Kashima Stadium, Jepang, Senin (2/7), AS menyerah dari lawannya itu dengan skor 0-1.

Amerika yang berambisi mengawinkan gelar Piala Dunia Wanita 2019 dengan emas Olimpiade harus tertunduk lesu usai pemain Kanada Jessie Fleming menjadi penentu kemenangan timnya lewat gol yang ia cetak pada menit 74'.

Anak asuh Vlatko Andonovski memang memulai perjuangannya di Tokyo 2020 dengan kurang meyakinkan. Di laga pertama fase Grup G, AS takluk 0-3 dari Swedia sekaligus menghentikan rekor 44 pertandingan tak terkalahkan mereka.

Meski begitu, AS masih bisa membawa pulang medali perunggu Olimpiade Tokyo andai mereka bisa mengalahkan Australia. Hal itu yang coba ditekankan pemain senior Amerika Serikat, Megan Rapinoe.

"Itulah sepak bola, mereka (Kanada, red) cuma mendapatkan satu tembakan ke gawang kami dan berbuah gol. Jelas kami tidak pernah ingin kalah dari Kanada,"

"Hasil ini memang bukan yang diharapkan, tapi masih ada medali (perunggu) yang dipertaruhkan. Kami ingin memenangi pertandingan itu, tapi ya, kekalahan ini menyebalkan," ucap Rapinoe seusai laga.

Partai perebutan medali perunggu mungkin saja menjadi pertandingan terakhir Rapinoe bersama AS.

Kekalahan dari Kanada di semifinal Olimpiade Tokyo megubur harapan Amerika Serikat bawa pulang medali emas. Salah satu pemain senior mereka bahkan mengindikasikan ingin pensiun setelah turnamen ini.

Sumber AS