Sepakbola dan Futsal Picu Jantung Kerja Keras

Sepakbola dan Futsal Picu Jantung Kerja Keras
PENGHORMATAN TERAKHIR :Jenazah anggota DPR Fraksi Partai Demokrat Raden Pandji Chandra Pratomo Samiadji Massaid atau biasa disebut Adjie Massaid mendapatkan penghormatan terakhir dalam upacara persemayaman dipimpin Ketua DPR Marzuki Alie di Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta, Sabtu (5/2). Foto :RUNI SARI B/RAKYAT MERDEKA
MENINGGALNYA Manajer Timnas-U23 Adjie Massaid setelah main futsal, kata Dr.Ari Fahrial Syam, dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, menambah panjangnya cerita "sudden death" paska olah raga.

Dijelaskan, sepak bola dan futsal memang merupakan olah raga yang membuat jantung kita akan bekerja keras. "Kadang kita harus sprint,berlari kesana-kemari dan kadang akan menimbulkan stress tertentu, apalagi kalau kita memainkan olah raga tersebut secara serius," terangnya dalam penjelasan tertulisnya kepada wartawan, Sabtu (5/2).

Menurut Ari, exercise yang berlebihan sendiri merupakan sesuatu keadaan yang bisa memicu serangan jantung, dan pecahnya pembuluh darah otak (stroke). Dipaparkan, pada kondisi memang sudah ada gangguan pada pembuluh darah jantung berupa sumbatan karena aterosklerosis, sumbatan tersebut akan terlepas saat kita berolah raga keras seperti sepak bola dan futsal.

"Dan akan menyebabkan sumbatan ditempat lain pada pembuluh darah tersebut," ujarnya. Dipaparkan, bagi mereka yang berumur diatas 40 tahun dan tidak pernah check up apalagi dengan berbagai faktor resiko seperti umur diatas 40 tahun, obesitas, merokok, hipertensi, hiperkolesterol, hipertrigliserida DM, riwayat  keluarga dengan sakit jantung, kurang olah raga rutin dan stress, harus berpikir kembali untuk mengikuti olah raga melelahkan seperti sepak bola dan futsal. "Lebih baik memilih olah raga ringan saja," saran Ketua Advokasi PB PAPDI itu.

MENINGGALNYA Manajer Timnas-U23 Adjie Massaid setelah main futsal, kata Dr.Ari Fahrial Syam, dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, menambah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News