Separuh Hutan Konservasi Riau Kritis

Separuh Hutan Konservasi Riau Kritis
Separuh Hutan Konservasi Riau Kritis
JAKARTA - Provinsi Riau terkenal dengan kawasan hutannya yang luas. Namun saat ini, kondisi hutan Riau dilaporkan sudah sangat kritis. Bukan hanya hutan produksi ataupun hutan alamnya, tapi juga termasuk hutan konservasi atau hutan lindung. Bahkan seperti dinilai Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan, kondisinya sudah sangat kritis dan harus segera membutuhkan pertolongan.

"Hutan di Riau itu sudah sangat kritis. Mulai dari hutan produksi, hutan alam dan hutan konservasinya, sudah kritis hingga 50 persen. Sudah harus segera diselamatkan. Kalau tidak akan semakin kritis," kata Zulkifli kepada JPNN, Jumat (19/3), di kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta.

Semakin kritisnya kondisi hutan Riau itu, kata Zulkifli pula, didorong oleh beberapa sebab. Namun menurutnya, faktor yang paling besar adalah tindakan pelaku illegal logging, serta pemanfaatan hutan konservasi tanpa izin untuk pemukiman ataupun aktivitas penambangan.

"Illegal logging di hutan konservasi Riau itu masih marak, meski sudah banyak yang ditindak. Ini yang menjadi fokus perhatian kita, untuk menekan angka illog di sana. Sebenarnya ini kan tanggungjawabnya Pemprov (Riau), namun kita sadari bahwa mereka masih kekurangan dana. Namun (untuk) tanggungjawab pengawasan, tak ada alasan untuk tidak jalan," tegas Zulkifli.

JAKARTA - Provinsi Riau terkenal dengan kawasan hutannya yang luas. Namun saat ini, kondisi hutan Riau dilaporkan sudah sangat kritis. Bukan hanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News