Sepasang Harimau Ditukar Tiga Singa Afrika

Kamis, 19 Januari 2017 – 00:42 WIB
Sepasang Harimau Ditukar Tiga Singa Afrika - JPNN.com
Koleksi Harimau Sumatra di Taman Marga Satwa Kinantan, Kota Bukittinggi. Foto: Nanda/ Padang Ekspres/JPNN.com

Diperkirakan akhir Januari ini, Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) Bukittinggi bakal menerima koleksi hewan baru berupa tiga ekor singa Afrika dari pihak Bali Zoo.

Hingga saat ini pihak TMSBK masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Energi (KSDAE).

“Informasi terbaru yang kita terima hari ini (kemarin, red) dari pihak Bali Zoo semua surat-surat sudah oke. Hanya saja hanya menunggu SK tersebut turun dari pihak Dirjen KSDAE. Jika sudah turun maka pengiriman hewan akan dilakukan,” terang Ikbal, Kepala Bidang (Kabid) TMSBK Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi, saat ditemui kemarin.

Menurut Ikbal, tiga singa afrika dari Bali Zoo akan ditukar dengan sepasang Harimau Sumatra dari TMSBK.

“Persiapan kita semua sudah oke, kandang sudah kita persiapkan, hanya menunggu kedatangan hewan saja lagi, mudah-mudahan dapat segera terealisasi,” ujarnya.

Nantinya, jika Singa Afrika tersebut sampai di TMSBK, ketiga singa yang terdiri dari dua betina dan satu jantan tersebut akan ditempatkan pada satu kandang.

“Jika biasanya hewan yang baru masuk itu harus dikarantina dahulu, namun kita tidak memiliki tempat karantina khusus. Jadi akan langsung sekaligus dikarantina di kandang yang telah disiapkan itu. Lagipula hewan ini sudah terbiasa dengan manusia,” ungkapnya.

Kehadiran Singa Afrika sendiri di TMSBK sebut Ikbal akan sangat membantu untuk mendongkrak pengunjung. Pasalnya TMSBK sendiri sudah 20 tahun lebih tidak memiliki koleksi hewan berupa singa.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...