Sepatu Buatan Indonesia Siap Tembus Pasar AS

Sepatu Buatan Indonesia Siap Tembus Pasar AS
Sepatu Buatan Indonesia Siap Tembus Pasar AS
JAKARTA - Melihat potensi ekspor sepatu buatan Indonesia yang cukup tinggi, sejumlah produsen sepatu asal Amerika Serikat (AS) siap menjalin kerja sama dengan sejumlah produsen sepatu nasional. Bahkan produsen sepatu asal AS juga berniat memberikan pelatihan untuk membantu aspek teknis pengembangan sepatu yang sesuai dengan kebutuhan negara Paman Sam tersebut.

Rencana itu muncul setelah dibuatnya kesepakatan kerja sama antara Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) dengan Footwear Distributors and Retailers of America (FDRA). ’’Kerja sama ini baru terjadi antarasosiasi. Ke depan akan ada kerja sama antarpemerintah,’’ kata Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar dalam keterangan pers di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (21/6).

Mahendra mengatakan, pemerintah berjanji akan memfasilitasi kerja sama antarasosiasi ini, sehingga bisa berjalan dengan sukses. Rencananya kerja sama di antara kedua asosiasi persepatuan dari dua negara tersebut meliputi empat hal.

Pertama, pihak Indonesia akan menawarkan pabriknya sebagai penyalur untuk sepatu asal AS. Kedua, Indonesia akan memeroleh kesempatan memasarkan produk sepatunya dengan menggunakan merek Indonesia di negara AS. Selama ini nama Indonesia sudah dikenal sebagai penjahit sepatu yang berkualitas.

Bentuk kerja sama ketiga, adalah FDRA berjanji untuk memberikan bantuan teknis kepada produsen sepatu nasional. Dalam kerja sama ini, pihak AS juga bakal membantu menginventarisasi permintaan sepatu dari konsumen di AS, bahan baku apa yang bisa didatangkan dari AS, dan pengembangan mutu. Kerja sama terakhir adalah AS berkomitmen mengirimkan ahli-ahli yang bisa membantu pengembangan sepatu di Indonesia.

JAKARTA - Melihat potensi ekspor sepatu buatan Indonesia yang cukup tinggi, sejumlah produsen sepatu asal Amerika Serikat (AS) siap menjalin kerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News