Seperti ini Kondisi Operasional Pelabuhan di Papua PascaRusuh

Seperti ini Kondisi Operasional Pelabuhan di Papua PascaRusuh
Aksi demonstrasi menolak rasisme di Kota Sorong. Foto: Antara Papua Barat/Ernes

jpnn.com, PAPUA - Operasional pelabuhan di wilayah Papua dan Papua Barat hari ini, Selasa (20/8) kembali berangsur normal pascaunjuk rasa yang terjadi kemarin Senin (19/8).

"Tiga pelabuhan di antaranya Pelabuhan Jayapura, Pelabuhan Sorong dan Pelabuhan Manokwari telah kembali melayani aktivitas kepelabuhanan sejak dini hari tadi," ujar Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad.

Menurutnya, ketiga pelabuhan tersebut dalam keadaan aman dan terkendali, namun kegiatan kepelabuhanan sempat terhenti akibat adanya aksi unjuk rasa di Manokwari.

Adapun dini hari tadi, Pelabuhan Jayapura telah melayani bongkar muat kapal KM. Ciremai yang dioperatori oleh PT. Pelni dengan rute Jayapura menuju Pelabuhan Biak.

"Begitu juga dengan Pelabuhan Manokwari, satu kapal KM. Gunung Dempo tadi pagi sudah sandar dan melakukan kegiatan bongkar muat. Suasana berlangsung kondusif," jelas Ahmad.

Selain itu, berdasarkan Surat Edaran dengan nomor UM.003/38/19/DJPL-17 tertanggal 15 Mei 2017 tentang Peningkatan Pengawasan dan Penjagaan Dalam Rangka Pengamanan Objek Vital Nasional di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, keamanan di Pelabuhan berhasil dijaga dengan baik.(chi/jpnn)


Tiga pelabuhan di antaranya Pelabuhan Jayapura, Pelabuhan Sorong dan Pelabuhan Manokwari.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News