Sepertiga Desa di Sumbar Belum Ada Bidan

Sepertiga Desa di Sumbar Belum Ada Bidan
Sepertiga Desa di Sumbar Belum Ada Bidan
PADANG -- Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memprioritaskan penerimaan Pegawai Tidak Tetap (PTT) untuk formasi bidan desa. Pasalnya. Pasalnya, dari 877 desa yang ada di wilayah Sumbar, sebanyak 263 belum memiliki bidan. Dengan kata lain, mencapai sepertiga dari desa yang ada.

Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Rosnini Savitri  menjelaskan, kekosongan bidan desa ini tersebar di lima kabupaten/kota. Yakni Padangpariaman, Solok Selatan, Pasaman, Pasaman Barat dan Sijunjung.

Mestinya, lanjut Rosnini, idealnya satu desa ada satu orang bidan. Penempatan bidan desa di daerah terisolir  selama ini, diakui sering bermasalah. Rata-rata mereka mengeluhkan insentif yang mereka terima tak sebanding dengan biaya yang harus mereka keluarkan di daerah tersebut.

"Begitu kontrak habis, bidan desa tidak mau lagi memperpanjang kontraknya di daerah terisolir tersebut. Tentu kita tak bisa membiarkan bidan PTT itu terlantar. Harus ada solusi buat mereka," ujar Rosnini.

PADANG -- Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memprioritaskan penerimaan Pegawai Tidak Tetap (PTT) untuk formasi bidan desa. Pasalnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News