Sepertiga Wilayah Indonesia Rawan Bencana

Sepertiga Wilayah Indonesia Rawan Bencana
Sepertiga Wilayah Indonesia Rawan Bencana
JAKARTA - Potensi bencana di Indonesia pada tahun ini masih cukup tinggi. Peta daerah rawan bencana yang dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menunjukkan bahwa satu dari tiga desa di Indonesia masuk kategori rawan bencana. Dari 497 Kabupaten/Kota, 176 diantaranya rentan terhadap bencana banjir. Sedangkan, 154 kabupaten/Kota berisiko tinggi longsor, dan 153 diantaranya terancam kekeringan.

"Karena itu kami mengimbai agar pemda mewaspadai anomali cuaca ekstrem," ujar Kepala BNPB Syamsul Maarif dalam rilis di Jakarta, Sabtu (15/1).

     

Khusus untuk anomali cuaca, ada 378 Kabupaten/Kota yang rawan bencana terkait dengan tingkat ekstremitas cuaca. Kategori ancaman bencana itu terutama oleh bencana hydromitologi berupa angin, hujan yang deras, maupun banjir dan longsor. Bulan Januari sampai Maret nanti merupakan puncak atau terjadi anomali cuaca yang sangat tinggi maka apa yang terjadi sekarang sekaligus juga sebagai peringatan supaya lebih waspada dalam mengahadapi kondisi yang lebih ekstrem lagi.

"Pada Raker pelaksanaan program kerja tahun 2011 yang lalu Menko Kesra juga telah mengingatkan kepada seluruh Bupati dan Gubernur seluruh Indonesia untuk mewaspadai cuaca yang ekstrem," ujarnya.

JAKARTA - Potensi bencana di Indonesia pada tahun ini masih cukup tinggi. Peta daerah rawan bencana yang dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News