Sepertinya Akan Ada Angin Segar dari Pak Jokowi untuk Puan

Sepertinya Akan Ada Angin Segar dari Pak Jokowi untuk Puan
Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (paling kanan), Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani (paling kiri) dalam Kongres PDIP di Bali, April 2015. Foto: Ricardo/dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menduga perlakuan istimewa dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Sosial Idrus Marham akan memicu menteri lain berlatar belakang politikus untuk kembali aktif di partai politik. Sebab, Jokowi telah membiarkan Airlangga dan Idrus juga merangkap jabatan di Golkar.

Pangi mengatakan, tanda-tanda menteri berlatar belakang politikus bakal aktif di partai sudah terlihat pada kehadiran Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dalam verifikasi faktual PDI Perjuangan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin (29/1). Puan merupakan ketua DPP PDIP Bidang Politik yang berstatus nonaktif karena menjadi menteri di Kabinet Kerja.

"Sejak dibolehkan dan direstuinya Airlangga dan Idrus rangkap jabatan, diperkirakan bakal banyak nanti yang turun lagi dan aktif di partai politik," ucap Pangi kepada JPNN, Selasa (30/1).

Lebih lanjut Pangi mengatakan, Jokowi juga harus memaklumi jika akhirnya Puan kembali aktif di PDIP. Menurut Pangi, larangan dari Jokowi kepada para menterinya agar tidak aktif di partai politik sudah tak relevan lagi.

"Dulu Puan gak aktif di kepengurusan PDI Perjuangan, karena menteri tidak boleh rangkap jabatan. Sekarang ada angin segar bagi Puan untuk aktif lagi di partai," sebutnya.(fat/jpnn)


Perlakuan istimewa dari Presiden Jokowi untuk Airlangga Hartarto dan Idrus Marham akan memicu menteri berlatar politikus kembali aktif di partai politik.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News