Sepertinya TGB Lebih Dekat dengan Jokowi

Sepertinya TGB Lebih Dekat dengan Jokowi
Presiden Joko Widodo dan Gubernur NTB M Zainul Majdi dalam vlog tentang Pantai Mandalika di Lombok. Foto: Youtube

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Hendri Satrio menilai, peran calon wakil presiden di Pilpres 2019 akan sangat menentukan kemenangan.

Karena itu, panggung politik jelang pendaftaran bakal calon presiden pada Agustus mendatang, diyakini bakal menghangat.

Beberapa nama kemungkinan akan berupaya menjadi calon wakil presiden bagi tokoh tertentu.

Sementara di sisi lain, tokoh-tokoh parpol juga akan berhitung seberapa besar elektabilitas seorang tokoh yang akan diusung sebagai cawapres, memengaruhi kemenangan jagoannya yang akan diusung sebagai capres.

"Saya kira di Pilpres 2019 peran cawapres akan sangat menentukan. Sekarang yabg beredar itu berasal dari militer, ekonomi, tokoh agama Islam atau pengggabungan ketiganya," ujar Hendri kepada JPNN, Selasa (20/2).

Dari sejumlah nama yang beredar, pengajar di Universitas Paramadina ini menjagokan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB).

TGB merupakan representasi tokoh umat Islam yang cenderung dekat dengan semua pihak. Baik itu dengan tokoh-tokoh oposisi, maupun Presiden Joko Widodo.

Karena itu, peluangnya sangat besar dipinang menjadi calon wakil presiden untuk mendampingi Jokowi, atau capres yang nantinya diusung Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Misalnya Gerindra-PKS memunculkan tokoh alternatif sebagai capres, yaitu mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, maka cawapresnya bisa saja TGB. Beliau ini kan bisa ke kanan dan ke kiri. Tapi sepertinya TGB lebih dekat dengan Jokowi," pungkas Hendri. (gir/jpnn)


Hendri Satrio memperkirakan, Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) akan menjadi rebutan untuk posisi cawapres.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News