Serahkan Bantuan RTLH-Jambanisasi, Ganjar Fokus Tangani Kemiskinan di Brebes

Serahkan Bantuan RTLH-Jambanisasi, Ganjar Fokus Tangani Kemiskinan di Brebes
Rangkaian HUT ke-78 Jateng, Gubernur Ganjar Pranowo menyerahkan sejumlah bantuan sosial kepada warga di Balai Desa Tengki, Brebes, Jateng. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Rangkaian HUT ke-78 Jateng, Gubernur Ganjar Pranowo menyerahkan sejumlah bantuan sosial kepada warga di Balai Desa Tengki, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jateng, Kamis (10/8).

Bantuan tersebut merupakan hasil kolaborasi Dinas Sosial Pemprov Jateng bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan relawan filantropi. Penerima manfaat juga akan dibantu gotong royong warga untuk merealisasikannya bantuannya.

Momen penyerahan bantuan itu pun dimanfaatkan Ganjar untuk mengedukasi warga tentang pentingnya jambanisasi. Pasalnya, kata Ganjar, masih banyak warga Brebes yang buang air besar (BAB) di sungai.

“Banyak kok yang mau bantu, sehingga aparatur yang ada di Brebes, warga Brebes, yuk kita optimalkan aktivitas kita untuk bisa mengedukasi masyarakat agar pola hidup bersih sehatnya berjalan dan mereka punya jamban semuanya,” kata Ganjar.

Adapun bantuan yang diserahkan Ganjar berupa 8 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) senilai Rp 80 juta, jambanisasi Rp 10,5 juta, bantuan 3,5 ton telur untuk penanganan stunting, hingga 800 paket sembako. Bantuan ini disalurkan kepada warga Desa Tengki dan Desa Lembarawa, Kabupaten Brebes.

"Tadi ada RTLH, kan masih ada yang buang air besar di sungai, mesti kita hentikan,” kata Ganjar.

Pada 2023 ini, Ganjar berhasil menghapus penduduk miskin di Jateng hingga lebih dari 60 ribu jiwa sepanjang. Hal itu terlihat dari laporan Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng yang menyebut penduduk miskin di Jateng menurun jadi 3,79 juta jiwa pada Maret 2023.

Secara persentase, jumlah ini mengalami penurunan menjadi 10,77 persen atau turun 0,21 persen poin bila dibanding September 2022 yang mencapai 10,98 persen atau 3,86 juta orang.

Rangkaian HUT ke-78 Jateng, Gubernur Ganjar Pranowo menyerahkan sejumlah bantuan sosial kepada warga di Balai Desa Tengki, Brebes, Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News