Serapan Bidik Misi Rendah, Para Rektor Tetap Tenang

Serapan Bidik Misi Rendah, Para Rektor Tetap Tenang
Serapan Bidik Misi Rendah, Para Rektor Tetap Tenang
JAKARTA - Para rektor kampus negeri tetap tenang walaupun serapan penyaluran beasiswa pendidikan mahasiswa berpretasi (Bidik Misi) rendah. Catatan sementara, dari total alokasi Bidik Misi PTN sebanyak 40 ribu masih terserap sekitar 15 ribu saja.

Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia (MRPTNI) Idrus Paturusi menuturkan jika serapan Bidik Misi yang sementara ini masih rendah tidak perlu dicemaskan. "Ini sudah biasa. Seperti tahun lalu juga. Tapi nanti kami yakin terserap penuh," ujar pria yang juga rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) itu kemarin (7/8).

Idrus mengatakan jika serapan Bidik Misi untuk sementara terlihat rendah karena banyak mahasiswa yang belum daftar ulang. Dia menuturkan jika pergerakan serapan Bidik Misi bisa terus meningkat mendekati penutupan masa daftar ulang yang ditetapkan masing-masing PTN.

Selain itu, Idrus juga mengatakan penyerapan kuota Bidik Misi bisa digenjot untuk mahasiswa dari saringan mandiri. Dia menuturkan jika penyerapan yang sudah masuk catatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hanya untuk mahasiswa jalur seleksi nasional masuk PTN (SNM PTN) yang sudah daftar ulang saja.

"Jangan dilupakan jika kuota mahasiswa baru di jalur mandiri juga besar," kata dia.

JAKARTA - Para rektor kampus negeri tetap tenang walaupun serapan penyaluran beasiswa pendidikan mahasiswa berpretasi (Bidik Misi) rendah. Catatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News