Seri Dongeng Edukasi SAMTAKU, Mengajak Anak-anak Menjaga Lingkungan

Seri Dongeng Edukasi SAMTAKU, Mengajak Anak-anak Menjaga Lingkungan
Seri Dongeng Edukasi Sampahku Tanggung Jawabku (SAMTAKU). Foto: Danone Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Danone Indonesia meluncurkan Seri Dongeng Edukasi Sampahku Tanggung Jawabku (SAMTAKU) untuk memberikan edukasi terkait pentingnya pengelolaan sampah sejak usia dini.

Peluncuran Seri Dongeng Edukasi SAMTAKU dilakukan bertepatan dengan gelaran Festival Dongeng Internasional Indonesia (FDII).

Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menjelaskan Inisiatif ini juga merupakan bentuk dukungan Danone Indonesia dalam menangani permasalahan sampah plastik di lautan yang saat ini juga menjadi bagian dari fokus pemerintah, sebagaimana tercantum dalam Instruksi Presiden No.12/2016 untuk memulai Gerakan Indonesia Bersih.

Seri dongeng karya Mochamad Ariyo Faridh Zidni dan ilustrator Dewi Tri Kusumah Handayani ini, berbentuk buku cerita bergambar dan video animasi yang terdiri dari empat judul, yaitu Petualangan Pagi-Pagi, Bahaya Mengancam, Jagoan Beraksi dan Tawa Kemenangan.

Melalui tokoh kakak-beradik Mita dan Dodo, anak-anak diperkenalkan tentang jenis sampah, perjalanannya, serta dampak buruknya jika dibuang sembarangan.

Dengan gaya berpetualang, anak-anak juga diajak untuk menjadi pahlawan lingkungan dengan memilah dan membuang sampah pada tempatnya.

Seri dongeng ini diharapkan bisa mengajak anak-anak untuk mulai belajar menjaga lingkungan dari sampah dengan menarik dan menyenangkan.

Terkait inisiatif ini, Penulis Seri Dongeng SAMTAKU sekaligus inisiator gerakan Ayo Dongeng Indonesia Mochamad Ariyo Faridh Zidni mengatakan, mepedulian terhadap masalah lingkungan dan mendorong keterlibatan generasi muda untuk mengambil bagian di dalamnya harus dipupuk sejak usia dini.

Seri dongeng edukasi SAMTAKU diharapkan bisa mengajak anak-anak untuk mulai belajar menjaga lingkungan dari sampah dengan menarik dan menyenangkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News