Seribu Motor Mudik Pakai Kapal Perang

Seribu Motor Mudik Pakai Kapal Perang
Seribu Motor Mudik Pakai Kapal Perang
JAKARTA - Pemerintah melakukan banyak terobosan untuk menangani arus mudik tahun ini. Salah satunya adalah dengan mengkoordinasi seribu sepeda motor beserta dua ribu lebih penumpangnya untuk mudik via jalur laut. Ribuan orang itu diangkut menggunakan kapal perang TNI Angkatan Laut melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah.

   

"Ini dilakukan dalam rangka mengurangi kepadatan lalu lintas jalan raya serta menekan angka kecelakaan pemudik motor yang cukup tinggi. Untuk itu, kita memfasilitasi ribuan pemudik motor untuk menggunakan kapal laut KRI Banda Aceh. Rutenya Jakarta-Semarang," ujar Kepala Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bambang S. Ervan, Jumat (20/7).

   

Program ini diharapkan bisa meringankan beban tenaga dan biaya yang harus dikeluarkan pemudik. "Ini bukti bahwa pemerintah perhatian terhadap rakyat kecil," ungkapnya.

     

Meskipun hanya menjalankan rute Jakarta-Semarang (pp), Bambang yakin hal itu bisa meringkas perjalanan pemudik yang sangat melelahkan. Jika biasanya perjalanan Jakarta-Semarang ditempuh 10 jam, saat mudik lebaran bisa membutuhkan lebih dari 15 jam. "Belum lagi bahaya lalu lintas di jalan raya, motor rusak serta pemborosan biaya perjalanan," katanya.

     

JAKARTA - Pemerintah melakukan banyak terobosan untuk menangani arus mudik tahun ini. Salah satunya adalah dengan mengkoordinasi seribu sepeda motor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News