Seribu Pemuda Gabung di PMMD Kemenpora

Seribu Pemuda Gabung di PMMD Kemenpora
Pembekalan PMMD Kemenpora dari Deputi Pengembangan Pemuda. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan olahraga melalui Deputi Pengembangan Pemuda akan terus mendorong peran serta pemuda dalam pembangunan bangsa yang bermartabat. 

 Ini dilakukan agar sesuai dengan visi misi Pemerintah Jokowi. Salah satu bentuk implementasinya adalah program Pemuda mandiri Membangun Desa (PMMD). 

Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Ni’am menjelaskan PMMD merupakan program prioritas Kemenpora.

Hal ini didasarkan pada peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 20 tahun 2017 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Program Pemuda Mandiri Membangun Desa.

Program ini adalah bagian dari gerakan revolusi mental di kalangan pemuda dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dan daya saing bangsa melalui kepeloporan pemuda di perdesaan.

Ni’am menegaskan bahwa pemuda harus hadir sebagai agen perubahan. Menurutnya, pemuda fitrahnya adalah cenderung melakukan perubahan.

“Kehadiran pemuda dimanapun mempunyai dampak terhadap perbaikan masyarakat. Salah satu kontribusi nyata dalam kehidupan di wilayah masing-masing. Masalah bangsa adalah masalah kita, maka kitalah yang harus menjawab dan memberi solusi,” tegas Niam.

PMMD sudah berjalan mulai dari 2017 dan merupakan pengembangan dari Program Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan (PSP3) yang telah dilaksanakan sejak 1989 sampai dengan 2016.

PMMD Kemenpora adalah bagian dari gerakan revolusi mental di kalangan pemuda dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dan daya saing bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News